INDRAMAYU.(MP) Komisi D DPRD KoKabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi ke DPRD Kabupaten Indramayu dipimpin Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sumedang, Dadang Rohmawan. Kedatangan rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Komisi IV DPRD Kab. Indramayu, Warim, juga hadir dari Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kab.Indramayu Karto, Kedatangan mereka ke Indramayu membahas mengenai Lingkungan Hidup.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sumedang Dadang Rohmawan mengatakan tujuan kedatangannya tersebut untuk mencari referensi, sharing dan berbagi pengalaman serta bertukar informasi terkait lingkungan hidup. “kami melakukan kunjungan dan study banding ke DPRD Indramayu ini untuk mencari tahu bagaimana Kabupaten Indramayu dalam mengatasi permasalahan dan solusi mengenai lingkungan hidup. Kami pilih study ke Indramayu karena dalam pantauan, kota ini memiliki kebijakan bagus soal mengatasi masalah lingkungan hidup. Harapannya bisa memperoleh banyak ilmu untuk bisa dijadikan oleh-oleh ke sana," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Karto dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu menjelaskan bahwa Kabupaten Indramayu telah mendapatkan penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup berupa Piala Adipura untuk kategori kecil sebanyak 9 (sembilan) kali, .dan Kabupaten sering menjadi percontohan mengenai lingkungan hidup se Jawa Barat, bahkan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Indramayu sangat memukau dan diapresiasi oleh Dewan Pertimbangan Adipura (DPA) Kementrian Lingkungan Hidup.

Kebijakan dalam urusan lingkungan hidup diarahkan untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lestari dan berkelanjutan. Untuk mewujudkannya melalui partisipasi masyarakat yang peduli terhadap lingkungannya, “ terkait dengan adanya kebijakan tersebut, pemerintah daerah Kabupaten Indramayu telah membuat program untuk urusan lingkungan hidup diantaranya program pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup, program perlindungan dan konservasi sumber daya alam, program peningkatan kualitas dan akses informasi sumber daya alam dan lingkungan hidup, program peningkatan pengendalian polusi udara, serta program mitigasi dan adaptasi perubahan iklim” ungkap Harto. (Gunari Somaatmadja MP)


Komisi