Jumat 20 April 2018 Komisi IV DPRD Kabupaten Indramayu Jawa Barat (Jabar) melaksanakan kunjungan kerja study komparasi di DPRD Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Rombongan dipimpin oleh Ketua Komisi Drs H Muhaemin, yang didampingi anggota antara lain, Margani, Hj Wardah, Hj Cuengsih, Warim, Turah, Margani serta H Ruswa dan diterima oleh Wakil DPRD Kab Bantul Hj. Arni Tyas Palupi, ST.

Hadir dalam acara tersebut bertepatan juga dengan kunjungan kerja dari BAPEMPERDA (Badan Pembentukan Peraturan Daerah) DPRD Kota Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung yang berlangsung di tempat yang sama, ruang rapat bersamaan dengan Komisi IV DPRD Kab Indramayu Jawa Barat.

Wakil DPRD Kab Bantul DIY, Hj Arni Tyas Palupi ST dalam sambutannya mengatakan, selamat datang dan mengucapkan terima kasih atas kehadirannya di Bantul dan memaparkan mengenai kondisi mengenai Kabupaten Bantul yang letaknya berada di Selatan Kota Yogyakarta.

Yang disusul pemaparan dari Ketua Komisi IV DPRD Kab Indramayu, Drs H Muhaemin dengan mengungkapkan mengenai Kab Indramayu Jabar sekaligus juga memperkenalkan anggota Komisi IV yang hadir.Maksud tujuan Kunjungan Kerja ke Kabupaten yang dikenal dengan daerah Kasongan sebagai pengrajin gerabah, untuk dapat menimba ilmu bagaimana mengenai penataan insfrastruktur desa khususnya jalan poros antar desa.

Hj Arni Tyas Palupi menjelaskan “ Di Kab Bantul DIY bahwa Pemerintah Desa dituntut harus bekerja keras untuk mengeksplorasi sumberdaya atau potensi lokal sehingga mampu untuk menggerakkan partisipasi masyarakat secara nyata dalam kerangka usaha untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. Penguatan kemandirian Desa melalui Undang-undang Tentang Desa sebenarnya menempatkan Desa sebagai subyek pemerintahan dan pembangunan dari bawah atau bottom up, maka untuk mengatasi masalah jalan poros antar desa Pemkab Bantul memberikan bantuan khusus pembuatan jalan poros yang dititipkan anggarannya kepada Pemdes baik untuk memperbaiki atau memelihara jalan desa “

Kegiatan kunjungan kerja study komparasi inipun diakhiri dengan saling menukar cindera mata.