Ketua DPRD H. Taufik Hidayat, SH. M.Si dan Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Indramayu, Syaefudin, menghadiri “Deklarasi Masyarakat Dermayu Anti Hoak , Anti Ujaran Kebencian dan Anti Sara serta Mendukung Penegakan Hukum Pelaku Hoak dan Penyebar Ujaran Kebencian Dalam Rangka Mewujudkan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif Di Kabupaten Indramayu”. 15/03/2018.

Deklarasi yang berlangsung di alun alun pendopo Pemda Kabupaten Indramayu tersebut, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Indramayu, H Ahmad Bactiar SH, dan dihadiri Kapolres, Dandim 0616 beserta anggota, Kajari, Ketua Pengadilan, Ketua MUI dan Sejumlah elemen masyarakat Indramayu yang lantang menyuarakan Deklarasi Anti Hoax. “Kami masyarakat Indramayu menolak segala bentuk berita bohong yang menimbulkan rasa kebencian, permusuhan berlatar belakang suku, agama, ras dan antar golongan, menyampaikan berita yang benar sesuai fakta yang terjadi, tidak menyebarkanberita hoax dan fitnah.

Menggunakan media sosial secara bijak, santun dan cerdas serta Mendukung Polri untuk menindak tegas kepada pelaku penyebar hoax, senantiasa menjaga situasi tetap damai dan kondusif. Bekerja sama dengan semua pihak untuk menjadikan berita kepada masyarakat dengan cara menolak, menangkal dan menghentikan informasi yang tidak benar/hoax, baik berupa gambar, foto atau ilustrasi yang menimbulkan rasa kebencian, permusuhan yang berlatar belakang suku, agama, ras dan antar golongan”.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin, menghimbau “saya mengharapkan peran serta masyarakat dalam membantu pihak kepolisian untuk bersama sama mengawal pemberitan-pemberitaan yang akan merusak perpecahan dan memprovokasi masyarakat Indramayu, maka bersama-sama mari kita Lawan Hoax dengan mendeklarasikan Masyarakat Dermayu ANTI-HOAX ” ujar Kapolres Indramayu. Pihaknya juga sudah membentuk tim patroli siber yang setiap harinya melakukan kontrol terhadap pergerakan berita di media sosial. Selaras dengan Kapolres, Menanggapi hal tersebut Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H. Taufik Hidayat, SH. M.Si. mengatakan ”ini adalah wujud dari peran Forkopimda dalam memerangi Hoax, karena hal ini menjadi musuh bersama yang harus disikapi dengan tegas. Semua unsur harus terlibat dalam memerangi hoax, begitu kita mendapat berita hoax, segera laporkan ke pihak berwajib dan tutup sumbernya, agar tidak meluas penyebarannya”. Taufik Hidayat juga menambahkan, “perlunya kehati-hatian menanggapi terkait isu “SARA” karena hal ini menjadi pemicu yang paling rawan dilakukan oleh orang-orang yang ingin merusak keutuhan daerah/negara”. tandasnya.