CIMAHI (MP) – Badan pengembangan sumber daya manusia (BPSDM) provinsi Jawa barat mengadakan kegiatan Orientasi anggota DPRD kabupaten/kota se Jawa barat tahun 2019 Bertempat di aula gedung BPSDM provinsi Jawa barat pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Indramayu mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Badan pengembangan sumber daya manusia (BPSDM) Jawa barat dengan tema orientasi anggota DPRD kabupaten dan kota se Jawa barat periode 2019-2024. (Selasa 5/11/2019)

Kegiatan orientasi anggota DPRD kabupaten/kota se Jawa barat Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, meningkatkan semangat pengabdian kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan pemahaman tentang ideologi negara, konstitusi, semangat patriotisme dan wawasan kebangsaan. Orientasi anggota DPRD kabupaten/kota se Jawa barat dibuka langsung oleh wakil gubernur Jawa barat UU Ruzhanul ulum, dalam sambutannya Pemateri yang memaparkan materi dalam kegiatan orientasi anggota DPRD kabupaten/kota DPRD se-Jawa barat ini dialah orang-orang yang berkompeten di bidangnya masing-masing, selain menambah ilmu serta wawasan. kegiatan inipun sekaligus menginformasikan apa saja program-progam yang sudah di laksanakan dan yang belum dilaksanakan oleh provinsi dan serta sinkronisasi antara kabupaten dengan provinsi demi terwujudnya Jabar juara

Ketua DPRD kabupaten Indramayu H Syaefudin dirinya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan orientasi anggota DPRD kabupaten/kota se Jawa barat periode 2019-2024 karena begitu banyak manfaat yang dirasakan oleh anggota DPRD kabupaten Indramayu dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai legislatif pada kesesempatan yang sama pula dirasakan ketua fraksi PKB AMRONI dirinya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan orientasi anggota DPRD kabupaten/kota se Jawa barat apalagi dirinya baru pertama kali duduk menjadi anggota legislatif. semoga apa yang kita pelajari bisa di implementasikannya nanti, dengan semangat dan penuh rasa tanggung jawab dalam mengabdi kepada masyarakat. kegiatan inipun di manfaatkan oleh seluruh anggota DPRD kabupaten/kota se Jawa barat untuk diskusi, sharing dan berdialog baik dengan pemateri ataupun dengan anggota DPRD kabupaten/kota yang ikut hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh BPSDM provinsi Jawa barat. (Tim MP)

INDRAMAYU (MP).Sesuai dengan perundang-undangan, masa reses digunakan oleh para anggota dewan untuk menyerap aspirasi dari masyarakat atau konstituen di masing-masing daerah pemilihannya. Hasil dari penjaringan aspirasi anggota dewan ini kemudian akan dibawa ke dalam sidang paripurna melalui fraksi masing-masing sebagai laporan untuk dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk rencana pembangunan dalam RAPBD.

Dalam melaksanakan reses setiap anggota DPRD Kabupaten Indramayu berkewajiban untuk melakukan kegiatan penjaringan aspirasi di beberapa titik di daerah pemilihan mereka.

“Selama melaksanakan kegiatan reses ini, tentunya anggota dewan akan lebih dekat dengan konstituennya,” ujar Hj. Kursiah

Politisi Partai Golkar yang Juga Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Indramayu Hj. Kursiah melakukan kegiatan resesnya di beberapa titik pada daerah pemilihan III Menurutnya, selama masa reses, Anggota DPRD memiliki kewajiban untuk menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat daerap pemilihannya. Antara lain yaitu permasalahan umum seperti perbaikan infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya harus direspon positif.

"Warga mengharapkan adanya hasil konkrit dari reses tersebut. Persoalan-persoalan yang sudah ditampung melalui kegiatan Reses , akan ditindaklanjuti dengan pembahasan-pembahasan baik di tingkat komisi maupun secara menyeluruh," katanya.

Aspirasi terkait dengan Sanitasi, Pelayanan Kesehatan dan sektor Pertanian juga perlu perhatian serius, karena hal itu masalah yang sering terjadi di daerah konstituennya. (Tim MP)

INDRMYU (MP) Ketua DPRD Kab Indramayu dari fraksi Golkar H Syaefudin. SH melakukan kunjungan kerja atau reses tahun 2019 di daerah pemilihan indramayu 1 yang meliputi kecamatan indramayu,sindang,balongan, pasekan dan cantigi , h syaefudin menjelaskan , kegiatan reses merupakan momen yang tepat untuk turun langsung ke masyarakat,dan menyerap aspirasi dari rakyat. Dalam kegiatan reses di desa Babadan kecamatan sindang.

Dengan adanya kunjungan kerja atau reses tersebut, dimanfaatkan masyarakat Desa Babadan Kecamatan Sindang untuk berdiskusi seputar permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat dan menyampaikan beberapa aspirasi. Momentum ini dimanfaatkan salah satu perwakilan masyarakat desa babadan..... menginginkan adanya perbaikan infrastruktur jalan, fasilitas kegiatan kepemudaan dan penerangan jalan umum (PJU).

Syaefudin. Selaku Ketua DPRD Kabupaten Indramayu menanggapi seluruh aspirasi dan akan menindaklanjuti, serta segera disalurkan melalui rapat – rapat dengan mitra kerja,’’ ungkapnya (TIM MP)

INDRAMAYU MP. Kunjungan kerja anggota DPRD kabupaten indramayu, Fraksi Golkar Tarwidi melakukan kunjungan kerja atau reses, dalam acara kunjungan tersebut dihadiri kader Golkar , unsur pemerintahan desa, lembaga-lembaga desa, serta dihadiri pula tokoh alim ulama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, warga Desa Pangauban Lelea.

Pada sambutannya Politisi dari Partai Golkar Tarwidi pada awal acara reses menjelaskan, Anggota DPRD memiliki kewajiban untuk menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat daerah pemilihan. Permasalahan umum seperti perbaikan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian dan lain sebagainya harus direspon positif untuk kemudian dibahas secara komisional di kantor DPRD.

Dalam kesempatan reses tersebut, dimanfaatkan warga desa untuk melakukan dialog seputar kendala-kendala yang ada ditengah-tengah masyarakat dan warga menyalurkan aspirasinya terkait Insfrastruktur kiranya mendapat perhatian dari pemerintah, warga juga meminta kalau bisa jembatan atau jalan dibuat permanen. Selain itu juga warga meminta kiranya pemerintah memperhatikan nasib para guru Honorer. Salah seorang warga memberikan masukan kepada Tarwidi agar kiranya dapat memperjuangkan anak-anak di Kampung mereka yang ingin melanjutkan Sekolahnya.(TIM MP)

INDRAMAYU(MP). Anggota DPRD Kabupaten Indramayu, Hj. Ina Sofatual Marwah, A.md, Daerah Pemilihan (Dapil) 1 mengadakan reses tahun 2019, bertempat Kecamatan Arahan Desa Arahan Lor Blok buntu.

Kegiatan tersebut dimanfaatkan Hj. Ina untuk mendengar aspirasi masyarakat, tak heran masyarakat antusias dan menyambut positif kegiatan ini sehingga kegiatan berjalan dengan aman dan lancar hingga akhir acara. Turut hadir dalam kegiatan reses tersebut adalah Sekretaris Camat Kecamatan Arahan dan sejumlah tokoh-tokoh masyarakat, alim ulama serta tokoh pemuda setempat.

Dalam sambutannya, Politisi dari Partai Golongan Karya tersebut menyampaikan tujuang digelarnya kegiatan reses ini merupakan tanggungjawabnya sebagai anggota DPRD Kabupaten Indramayu dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat selama ia duduk dikursi dewan perwakilan rakyat.

Di samping itu, terdapat beberapa keluhan yang disampaikan masyarakat, diantaranya tentang infrastruktur dan seputar mengenai pertanian diwilayah desa arahan lor dan warga meminta respon cepat dari pemerintah terkait hal tersebut.

Menanggapi permintaan warga, Hj. Ina mengatakan apa yang menjadi aspirasi-aspirasi masyarakat sudah ia tampung, sehingga langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan koordinasi pada dinas-dinas terkait.

“Saya kira kegiatan reses ini merupakan satu hal yang wajib, karena kita melakukan pertangungjawaban secara moral dan politik kepada masyarakat, dan ini menjadi tugas selama menjabat sebagai angota DPRD” terang Hj. Ina. (Tim.MP)

INDRAMAYU (MP) Anggota DPRD Kabupaten Indramayu Fraksi Golkar yang baru saja dilantik yakni, Abdul Rojak melakukan kegiatan reses, sekaligus Reses yang pertama sebagai Anggota DPRD Kabupaten Indramayu.

Pasca dilantik, Abdul Rojak langsung bergerak untuk turun dan menyerap aspirasi masyarakat di Dapil V.

Reses Abdul Rojak dilakukan di beberapa titik salah satunya antara lain di Blok Rancaipik Desa Kedokan Gabus dan Blok Tegal Pelem Gabus. “Sebagai Anggota DPRD saya mewakili konstituen membantu dan mendengarkan aspirasi masyarakat.” Kata Abdul Rojak.

Reses ini sekaligus merupakan acara syukuran dan bertatap muka dengan warga sebagai temu kangen dan silaturahim yang sudah terbangun semenjak sosialiasasi ketika Pemilu Legislatif. Dalam giat Resesnya, Abdul Rojak juga menyempatkan diri untuk berterimakasih atas dukungan segenap konstituennya.

Beberapa catatan dari aspirasi masyarakat yaitu mengenai normalisasi sungai cibenoang di Drunten kulon dan sekaligus usulannya apa bila di lakukan pemdes dan masyarakat akan membuat wisata sungai , mengenai hal tersebut “ tentu saya mendukung dan akan ikut berkontribusi merealisasi bersama pemdes drunten kulon” Tegas Abdul Rojak menanggapi aspirasi msyarakat.

Pada giat tersebut diketahui respon masyarakat untuk menghadiri reses begitu antusias dan mendapatkan respon yang baik. Abdul Rojak memang dikenal familiar dan juga bersahabat dengan masyarakat sekitar apalagi Dapil dirinya. (TIM MP)

Komisi