INDRAMAYU (MP) Badan Musyawarah dan Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Kulonprogo melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Indramayu, rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kulonprogo H. Ponimin Budi Hartono, SE diterima langsung anggota Badan Musyawarah DPRD Kab. Indramayu Drs. H. Muhaemin didampingi Sekretaris DPRD Kabupaten Indramayu Iding Syafrudin, SE., M.Si di ruang sidang utama gedung DPRD Kab. Indramayu. Selasa(09/04/19)

Dalam sambutannya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kulonprogo H. Ponimin Budi Hartono, SE menyampaikan maksud dan tujuan ingin sharing dan bertukar informasi seputar peran dan fungsi DPRD khususnya mengenai upaya memaksimalkan tugas pokok dan fungsi Badan Kehormatan serta tentang oeran dan fungsi Badan Musyawarah dalam memperkuat fungsi pengawasan DPRD.

Menanggapi hal tersebut anggota Badan Musyawarah DPRD Kab. Indramayu Drs. H. Muhaemin menjelaskan bahwa Sesuai tatib yang ada mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah memiliki peran dan tanggung jawab dalam mewujudkan efisiensi, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui pelaksanaan hak, kewajiban, tugas, wewenan dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan.
“untuk DPRD Kabupaten Indramayu, Badan Musyawah dilakukan tiga kali masa persidangan” ujarnya

Diakhir acara kunjungan kerja tersebut sebagai bentuk rasa hormat antara DPRD Kabupaten Kulonprogo dan DPRD Kabupaten Indramayu, secara simbolis saling bertukar cinderamata.(Tim.MP)

INDRAMAYU(MP) Untuk perlu kita ketahui bahwa memberikan santunan anak yatim merupakan suatu kegiatan yang sangat mulia. Seperti yang kita ketahui bahwa memperoleh kehidupan dan pendidikan yang layak adalah hak setiap manusia, apalagi bagi anak- anak. Dalam riwayat Rasulullah telah mencontohkan kepada umatnya untuk selalu mengasihi anak anak dengan memberikan hak-hak mereka secara wajar.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H. Abas Abdul Jalil, M.Si yang menghadiri giat santunan yatim piatu yang diselenggarakan dalam rangka Harlah Yabujah Ke 38. (25/02/2019)

Giat santunan yatim piatu tersebut dilaksanakan di halaman gedung Yayasan Ibu Hj. Chodijah Segeran Kidul Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Nampak raut wajah kegembiraan dari anak yatim piatu yang hadir, kurang lebih 1000 anak yatim piatu yang mendapatkan santunan dan masyarakat sekitar sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H. Abas Abdul Jalil, M.Si dalam kegiatan tersebut mengatakan jika kita mengasihi anak yatim, maka akan menjadi figur orang tua bagi mereka. Kasih sayang yang diberikan kepada anak yatim akan melembutkan hatinya. Kekerasan hati manusia bisa berasal dari akhlak yang buruk, seperti dengki, dusta, dan kikir. semoga anak-anak tersebut menjadi anak yang sholeh/sholehah dan tetap semangat belajar untuk mengejar cita-cita. (Tim.MP)

INDRAMAYU, (MP). Senin, 8/4/2019 Indramayu dilanda banjir yang disebabkan tingginya air membuat beberapa tanggul jebol dan menggenangi permukiman warga, seperti di Desa Dukuh, Plumbon, dan Pekandangan Jaya. Selain itu banjir juga menggenangi akses jalan yang menghubungkan Indramayu-Jatibarang. Akibatnya jalur yang mengarah ke Indramayu lumpuh tak bisa dilintasi kendaraan karena tingginya permukaan air hingga mencapai sekitar 30 cm. Kendaraan pun harus berbagi jalan di jalur yang tidak tergenang air, bahkan kendaraan roda dua menyusuri tanggul irigasi.

Dari hasil pemantauan, ketinggian air bervariasi mulai setinggi lutut hingga mencapai paha orang dewasa. akibatnya ribuan rumah terendam air luapan Sungai Cimanuk Indramayu, karena dibukanya pintu-pintu di waduk rentang yang sudah tidak mampu menampung debit air yang disebabkan curah hujan tinggi dihulu dan Jatitujuh.

Menanggapi kondisi itu Bupati Drs H. Supendi, MSi dan Ketua DPRD Kabupaten Indramayu H Taufik Hidayat, SH. MSi bergerak cepat meninjau ke lokasi banjir, yang disebabkan oleh meluapnya air di sepanjang daerah aliran Sungai (DAS) Cimanuk, karena debit air dari bendungan Rentang Jatitujuh volumenya cukup besar. yang terus meluas akibat meluapnya air sungai Cimanuk di Kabupaten Indramayu, membuat Pemkab Indramayu melakukan upaya darurat. Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Indramayu , mendatangi Bendung Rentang, Majalengka, meminta kepada pengelola Bendung Rentang, agar air yang disalurkan ke sungai Cimanuk untuk dikurangi. karena jika terus dibiarkan, maka luapan air akan semakin besar dan genangan air akan semakin meluas.

Berdasarkan pantauan di Bendung Rentang, saluran air dibuang sebagian besar ke Cimanuk, sementara yang ke Cipelang Indramayu dan Gegesik Cirebon sangat sedikit. Pembuangan ke sungai Cimanuk dengan debit yang tinggi inilah, yang menyebabkan sungai Cimanuk di Indramayu mengalami luapan. Pengelola Bendung Rentang membuka pintu air ke arah Cipelang dan Gegesik sebagai upaya untuk mengurangi debit air di sungai Cimanuk menuju Indramayu. (Tim MP)

INDRAMAYU(MP) Rombongan Komisi A DPRD Kabupaten Kendal Provinsi Jawa tengah melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Indramayu pada Selasa (19/02/19). Bertempat di Ruang Bapemperda DPRD Indramayu diterima langsung oleh Ketua Komisi III M. Alam Sukmajaya ST.MM didampingi Anggota Komisi III DPRD Indramayu H. Sirojudin.SP dan Asniah Darpadi.

Dalam sambutannya pimpinan rombongan, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kendal Sholichin, SH mengatakan maksud dari kunker tersebut yaitu mempelajari mengenai fungsi dan peran DPRD khususnya mengenai informasi dan masukan terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Terima kasih atas sambutan yang luar biasa kepada kami, kiranya DPRD Kabupaten Kendal dan DPRD Kabupaten Indramayu bisa bersinergi dan kerjasama terjalin untuk kemajuan bersama,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi III Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kab. Indramayu M. Alam Sukmajaya ST.MM menjelaskan, Komisi III terus mengupayakan dalam meningkatkan intensifikasi dan eksentifikasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ada tiga hal yang menjadi unggulan di Kabupaten Indramayu diantaranya Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Penerangan Jalan dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang cukup besar menyumbangkan PAD terhadap daerah. Selain itu juga Komisi III juga terus mendorong potensi-potensi pendapatan asli daerah lainnya diantaranya pajak parkir dan retribusi.

“Setiap OPD harus bisa berkoordinasi untuk menggali potensi dan meningkatkan pajak asli dareah. Intinya ini kita terus genjot untuk peningkatan PAD guna pembangunan dan kesejahteraan daerah,” ujarnya. Rangkaian acara Kunjungan Kerja diakhiri dengan tukar cinderamata antara DPRD Kabupaten Kendal dan DPRD Kabupaten Indramayu. (Tim.MP)

INDRAMAYU (MP). Kedatangan rombongan Panitia Khusus 3 (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tegal di sambut hangat oleh Wakil Ketua Pansus LKPJ Kabupaten Indramayu M. Sholihin S.Sos yang di dampingi Kabag Otonomi Daerah Sekda Pemkab Indramayu Edi Kusnaedi di ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Indramayu.

Anggota Panitia Khusus tiga DPRD Kabupaten Tegal Bahrun dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan dalam rangka studi komparatif Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tegal Tahun 2018.
"Kedatangan rombongan Pansus 3 hari ini selain untuk bersillaturahmi kami bermaksud untuk sharing mengenai LKPJ,”.
Sesi perkenalan dan sesi jawab pertanyaan pun langsung di tanggapi oleh Wakil Ketua Pansus LKPJ DPRD Kab Indramayu M. Sholihin S.Sos.Menurutnya suatu kewajiban LKPJ di sampaikan pada Rapat Paripurna DPRD berdasarkan ketentuan pasal 71 UU nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang telah disampaikan kepada DPRD untuk dibahas dan dievaluasi dalam peningkatan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good goverment).

Kabag Otda Sekda Pemkab Indramayu Edi Kusnaedi, mengungkapkan bahwa LKPJ memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Indramayu meliputi urusan wajib pelayanan dasar melaksanakan 6 (enam) urusan pemerintahan, urusan wajib bukan pelayananan dasar dengan 18 urusan pemerintahan, urusan pilihan melaksanakan 6 urusan pemerintahan dan urusan fungsi penunjang dengan 6 fungsi penunjang.
Diakhir rapat kunjungan kerja tersebut sebagai bentuk rasa hormat antara DPRD Kabupaten Tegak dan DPRD Kabupaten Indramayu, secara simbolis saling bertukar cinderamata dan foto bersama.(Tim MP)

INDRAMAYU (MP) DPRD Kabupaten Indramayu menerima kunjungan kerja Komisi D DPRD Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah, selasa (29/01/19). Kunjungan kerja tersebut diterima langsung Ketua Bapemperda DPRD Indramayu H.Dalam, SH.KN di ruang sidang utama gedung DPRD Kab. Indramayu. Turut hadir bagian Kesra, KPA serta Dinas Kesehatan Pemkab Indramayu.

Dalam sambutannya Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Banyumas, Mustofa, S.Ag mengungkapkan, selaku pimpinan rombongan dirinya mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh pihak DPRD indramayu. Tujuan kunjungan tersebut ungkapnya, yakni untuk bertukar pikiran dan berbagi informasi khususnya mengenai pencegahan dan penanganan HIV/AIDS. “Kami ingin bertukar pikiran untuk mengambil langkah langkah dan strategi yang dapat dikembangkan dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS di kota kami,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bapemperda DPRD Kabupetan Indramayu, H. Dalam SH.KN, menyampaikan Kabupaten Indramayu sudah memiliki Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 08 tahun 2009 tentang pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di kabupaten indramayu. “bahwa upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS merupakan aspek penting dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkwalitas serta Kabupaten Indramayu merupakan salah satu daerah yang rawan dengan peningkatan kasus HIV dan AIDS di Indonesia sehingga perlu diambil langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan secara melembaga, sistematis, komprehensif, partisipatif dan berkesinambungan” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut KPA Indramayu juga menjelaskan, terkait pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Indramayu ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu penjangkauan dan pendampingan pada kelompok berperilaku resiko tinggi, pendampingan dan dukungan pada ODHA, pemetaan titik hot spot kelompok populasi kunci, pertemuan dan koordinasi, pelatihan HIV/AIDS dan Support Group, penguatan kelembagaan LSM peduli AIDS, Worshop dan Sosialisasi, kegiatan dialog interaktif dan spot iklan himbauan layanan masyarakat upaya penanggulangan HIV/AIDS, dan kegiatan pendukung lainnya. (Tim.MP)

Komisi