INDRAMAYU MP - Anggota DPRD Kabupaten Indramayu dari Golkar, Hj. Ina Sofatul Marwah, A.md mengelar reses masa persidangan III tahun 2020 dalam rangka menyerap aspirasi warga di dua lokasi berbeda diantaranya di kecamatan Balongan Desa Sukareja dan Kecamatan Arahan Desa Tegalurung.

Politisi Partai Golkar ini memanfaatkan kesempatan berdialong langsung dengan warga memaparkan terkait dengan lingkup tugasnya sebagai anggota DPRD Kabupaten Indramayu.

Sepertinya masyarakat tak mau menyia-nyiakan kesempatan yang ada pada Reses Anggota DPRD Kabupaten Indramayu,  banyak aspirasi dan masukan yang disampaikan mereka kepada Ina.Dalam penyerapan aspirasi tersebut warga menyampaikan berbagai keluhan serta harapan diantaranya sektor pembangunan infrastruktur jalan, saluran air, pendidikan, kesehatan dan pertanian.

Menanggapi hal tersebut Anggota DPRD Kabupaten Indramayu, Hj. Ina Sofatul Marwah, A.md, pihaknya akan mencoba untuk membawa sejumlah keluhan warga Balongan dan Arahan.

"Pada umumnya warga minta dilakukan perbaikan dibeberapa ruas jalan, serta saluran air yang ada di wilayah tersebut, kami akan bersinergi dengan pemerintah daerah agar aspirasi yang disampaikan ini bisa kita realisasikan.” ujarnya. (Tim.MP)

INDRAMAYU (MP).anggota DPRD Kabupaten indramayu Karmadi masa persidangan III tahun 2020 melakukan kegiatan kunjungan kerja atau reses Kegiatan reses. anggota DPRD merupakan sebuah forum pertemuan di dapil masing-masing antara masyarakat dengan anggota DPRD. Dimana anggota DPRD dan konstituen saling berinteraksi melalui dialog dalam rangka menyampaikan aspirasinya. Anggota DPRD wajib menyerap, menampung, dan menindaklanjuti sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Reses dan hasilnya akan dilaporkan dalam Rapat Paripurna DPRD. Dokumen reses tersebut akan diberikan kepada Kepala Daerah dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah maupun Evaluasi Bagi Kepala Daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Reses dilaksanakan oleh anggota DPRD di dapil masing-masing selama 6 hari. Seperti halnya anggota DPRD kabupaten indramayu Karmadi yang melaksanakan reses di desa gunungsari kecamatan sukagumiwang.

Politisi partai GOLKAR Karmadi juga banyak menerima saran dan masukan yang diungkapkan dalam dialog tersebut, hal ini sekaligus juga untuk menampung aspirasi dari konstituennya. Adapun aspirasi yang banyak disampaikan oleh  masyarakat antara lain mengenai pembetonan jalan-jalan desa, penerangan jalan umum dan perbaikan saluran irigasi desa.

Kunjungan kerja atau Reses berlangsung khidmat, dan penuh keceriaan. Kegiatan inipun  dihadiri oleh warga dan tokoh masyarakat juga tokoh pemuda serta Kuwu dan pengurus desa gunungsari kecamatan sukagumiwang, anggota DPRD berfungsi sebagai Legislasi atau pembuat peraturan daerah, Anggaran dan Pengawasan, tetapi juga tetap akan membantu masyarakat dengan mendorong kepada kuwu untuk dapat merealisasikan usulan dari warganya. TIM MP

INDRAMAYU(MP) Puluhan warga mewakili masyarakat Desa Tanjungkerta, Kecamatan Kroya - Indramayu, menggelar demonstrasi di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indramayu.

Dalam aksinya, mereka mempertanyakan tentang perijinan usaha peternakan ayam milik  PT  Manggis seluas 20 Hektar di wilayahnya yang dirasa mengganggu  lingkungan pemukiman warga yang berbatasan langsung dengan kegiatan usaha tersebut. Aksi mereka diterima Wakil Ketua DPRD Indramayu, H.  Sirojudin, SP dan langsung beraudensi di ruang aspirasi DPRD Indramayu

Dikeluhkan Darmi (57), warga Desa Tanjungkerta, jika kandang ayam PT.Manggis berdiri terlalu dekat dengan pemukiman warga, kedepannya, selain baunya menyengat, aktivitas peternakan itu juga mengundang banyak tikus-tikus berdatangan. Kami juga khawatir potensi flu burung yang diakibatkan ayam-ayam yang tak jauh dari rumahnya.

Bukan itu saja, menurut Hadi (26) yang merupakan perwakilan dari unsur kepemudaan Karang Taruna Desa Tanjungkerta, sejak awal, tidak satu pun baik dari pihak Karang Taruna maupun warga sekitar kandang dilibatkan baik dalam rencana, pembebasan lahan hingga pembangunan peternakan ayam yang diduga tidak sesuai prosedur perijinannya. 

"Sampai detik inipun PT.Manggis belum menunjukkan itikad baik untuk bekerja sama atau berdiskusi dengan warga desa bersama Karang Taruna", tandas Hadi, Ketua Karang Taruna Desa Tanjungkerta.

Hadi berharap, kami dari unsur pemuda beserta masyarakat ingin DPRD ikut serta meninjau kembali perijinannya, atau untuk memfasilitasi kami, misalkan dari pihak terkait diundang dan dari pihak kami diundang untuk membicarakan lagi hal- hal yang kiranya masih perlu diselesaikan.

Di akhir audensi, Wakil Ketua DPRD Sirojudin, berjanji akan mengundang pihak- pihak terkait.

"Insya Alllah nanti akan kami undang semua Steakholder terkait kegiatan itu.  Kita duduk bareng bersama, kita akan mengurai seperti apa permasalahannya",  pungkas Sirojudin di ruang kerjanya. TIM MP

 INDRAMAYU (MP). Sebagai fungsi legislatif Anggota DPRD Kabupaten Indramayu Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) H Ruswa  menggelar kunjungan kerja atau reses masa persidangan III tahun 2020 daerah pemilihan (DAPIL) I berlokasi Di desa arahan kidul blok jalan semang kecamatan arahan. Kunjungan kerja atau reses ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena saat ini indonesia khususnya indramayu terkena pandemi virus covid 19.

Indramayu adalah salah satu delapan dari kota atau kabupaten yang melaksanakan pesta demokrasi, kami berharap kepada masyarakat indramayu khususnya di desa arahan kidul untuk dtang ke tps dan mensukseskan pesta demokrasi di indramayu dengan gembira dan damai.

Masyarakat sangat berterima kasih kepada H Ruswa yang telah menggelar kegiatan rutin Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yaitu reses, semoga dengan kegiatan ini semakin mengukuhkan tali silaturahim antara masyarakat dan perwakilan pemerintahan melalui anggota DPRD Kabupaten Indramayu.

Begitu banyak Permasalahan yang ada di masyarakat yaitu pada saat musim penghujan jalan utama yang menghubungkan dua desa serta akses para petani untuk mengangkut hasil pertanian ini sangat memprihatinkan kondisinya, sehingga ketika kami membawa hasil dari sawah sangat tidak nyaman dan banyak masyarakat mengeluhkan masalah itu, “Mudah mudahan dengan hadir nya bapak semoga permohonan kami ini cepat tersampaikan ke pemerintah daerah Kabupaten, semoga acara ini diberkahi oleh Allah SWT,” ujar salahn satu warga yang  mewakili masyarakat.

Anggota DPRD Kabupaten Indramayu Fraksi PKS, H Ruswa  menuturkan terimakasih banyak kepada masyarakat karena telah memenuhi undangan, semoga dengan terselenggara kegiatan reses ini dapat memperkokoh silahturahim.

Politisi fraksi partai keadilan sejahtera H RUSWA juga menambahkan bahwa reses adalah masa setiap anggota dewan turun ke daerah pemilihan nya untuk mendengarkan aspirasi masyarakat, kemudian tidak hanya itu reses juga bisa di artikan istirahat bagi setiap anggota DPRD.

Pada kesempatan inipula H Ruswa juga banyak menjelaskan mengenai aspirasi yang diungkapkan masyarakat juga tentang pemerintahan Kabupaten Indramayu, terkait proses pembangunan itu dimulai dari desa, “ saya harapkan kepada pemerintah Desa untuk selalu aktif berkomunikasi antara pemerintah desa dan pemerintah daerah agar proses pembangunan yang ingin dilakukan dapat berjalan dengan baik, saya sebagai anggota dewan mendorong agar segala sesuatu keluhan masyarakat dapat di sampaikan ke dinas-dinas terkait sehingga hak hak masyarakat dapat diberikan oleh pemerintah”

Ditambahkannya lagi walaupun dimasa pandemi covid19, dirinya sangat senang melihat antusias masyarakat, semoga ibadah yang kita lakukan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. TIM MP

INDRAMAYU MP - Ketua DPRD kabupaten Indramayu H Syaefudin menggelar silaturahmi sekaligus menyerap aspirasi pengurus Fatayat NU kabupaten Indramayu dalam rangka kunjungan kerja atau Rese Masa Persidangan III tahun 2020 di desa penganjang Kecamatan indramayu. Kamis 15 Oktober 2020

pengurus Pimpinan Cabang Fatayat NU Kabupaten Indramayu, Atin suratin  Ssos menuturkan, Fatayat NU merupakan organisasi perempuan muda NU yang memiliki tugas strategis dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. Dan kebutuhan dasar bagi kehidupan meliputi pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Menurutnya, saat ini akses perempuan dalam bidang ekonomi, dan kesehatan masih terbatas. “Untuk itu, kami terus akan memperjuangkan hak-hak perempuan dalam program kerja kami, sebagaimana visi dan misi organisasi,” terangnya.

Mumpung bertemu dengan ketua DPRD kabupaten Indramayu, kami selaku pengurus Fatayat kabupaten Indramayu berharap ada program pemberdayaan dalam berbagai bidang.

Karena itu, Beberapa program utama yang akan dikembangkan pada periode sekarang, penguatan organisasi dan pengkaderan. Dengan harapan, akan melahirkan banyak kader pemimpin Fatayat di masa akan datang. Kemudian, pemberdayaan ekonomi perempuan, dengan harapan mandiri secara ekonomi dan mampu berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.tegasnya

H Syaefudin SH dirinya sangat berterimakasih kepada pengurus Fatayat NU kabupaten Indramayu di sela sela kesibukan nya masih bisa menyempatkan hadir dalam agenda kunjungan kerja atau reses ini. Kami akan terus berusaha apa yang dikeluhkan sahabat-sahabat Fatayat NU kabupaten Indramayu bisa di perjuangkan dan dijadikan bahan rapat nanti di gedung DPRD kabupaten Indramayu. Ungkapnya. TIM MP

 

INDRAMAYU MP - Di masa pandemi covid19 Sebagai wakil rakyat di Masa persidangan III tahun 2020 Ketua DPRD kabupaten Indramayu H Syaefudin SH  melakukan kunjungan kerja atau RESES  di beberapa tempat.

Sebagai tugas legislatif kunjungan kerja atau reses ini adalah hal yang wajib dilakukan seluruh anggota DPRD kabupaten Indramayu Dalam kunjungan kerja atau reses inipun H Syaefudin ketua DPRD kabupaten Indramayu bertemu langsung dengan para pemuda.

Pemuda harus berada ditengah-tengah masyarakat yang sudah mulai kekeringan budaya literasi.Pemuda juga harus berani menjadi agen perubahan. Pemuda harus bisa mengobarkan semangat perjuangan. ‘Merdeka’

Tidak perlu menunggu datangnya ajal untuk mewariskan pengetahuan. Pemuda, yang sudah bertambah pengetahuannya dari proses pembelajaran, perlu mengamalkannya sesegera mungkin. Berperan sebagai agen perubahan dalam pembangunan, minimal dalam lingkungan terdekatnya.

pentingnya peran pemuda dalam mengamalkan pengetahuan, karena dalam jiwa pemuda memiliki potensi yang dapat diharapkan. Pemuda memiliki semangat yang sulit dipadamkan. Terlebih jika semangat bercampur dengan pengetahuan dan diimplementasikan melalui tindakan. Maka niscaya akan tercipta suatu perubahan.

Pemuda sebagai agen perubahan (agent of change). Hal tersebut merupakan suatu keniscayaan. Bahkan dalam perjalanan sejarah bangsa-bangsa di dunia, telah tertorehkan beragam peran pemuda dalam hal perubahan. Tak terkecuali dalam sejarah bangsa Indonesia, para pemuda menorehkan hal yang demikian. Berdirinya organisasi pemuda di masa penjajahan, tercetusnya Sumpah Pemuda 1928, hingga peran pemuda dalam membantu memproklamirkan kemerdekaan.

Pemuda adalah garda terdepan yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan negara Republik Indonesia. Sebab, tanpa pemuda, bangsa Indonesia tidak akan pernah mencapai kemerdekaan. Tanpa pemuda Indonesia tidak akan pernah menggapai cita-cita bangsa, dan akan terus terjajah bangsa lain.

“Berikan aku 1.000 orang tua akan aku cabut semeru dari akarnya, tapi berikan aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia” kata Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno.

Kalimat bung karno tersebut solah merupakan gambaran betapa dahsyatnya pemuda sebagai agen perubahan. Tentunya pemuda yang di maksud adalah pemuda yang berpikir positif dan beprestasi. Tegas H syafudin

Kunjungan kerja atau reses inipun sebagai momentum buat para pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk sharing dan diskusi serta menyampaikan beberapa Aspirasi untuk kemajuan indramayu dimasa yang akan datang.

kunjungan kerja atau reses dimanfaatkan Ismail Dirinya sangat berterimakasih dengan adanya Reses ini kami para pemuda bisa menyampaikannya persoalan yang dia alami pemuda, kami sebagai guru honorer walaupun belum cukup maksimal tenaga guru honorer sedikit diperhatikan oleh pemerintah daerah, dirinya pun berharap kedepan para tenaga honorer harus diperhatikan lagi. Tegasnya

Pada kesempatan inipun dimanfaatkan Danang masih banyak pemuda yang belum bekerja  "menganggur" kami mengingnkan agar pemerintah daerah memperhatikan para pemuda agar bisa mencari keerja cukup di daerah sendiri. Ujarnya

Terkait keluhan serta aspirasi masyarakat dan pemuda H Syaefudin menjelaskan, nantinya setiap masukan yang disampaikan oleh masyarakat akan disatukan dengan masukan yang diterima oleh setiap anggota DPRD Kabupaten Indramayu. Namun, dia memastikan keluhan, masukan dan ide dari masyarakat diupayakan dapat terealisasi. “ Insyallah, keluhan masyarakat dan pemuda ini akan di tampung dan sesuai dengan regulasi yang ada. ujarnya. TIM MP

Komisi