Kedatangan rombongan Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjarnegara dan DPRD Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah di sambut hangat oleh jajaran Sekretariat dan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Indramayu di ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Indramayu. Kunjungan Kerja Ini Rombongan Pansus I dan III di Pimpin oleh Wakil Ketua DPRD H Bawono S.Sos MM sedangkan dari DPRD Kab Pekalongan Herri Triyono Sabdo, SH dan Dodiek Prasetyo, S.Pd, Kamis (20/9/2018).

DPRD Kabupaten Indramayu menjadi tempat studi banding oleh beberapa daerah kabupaten dan kota dalam belajar dan mengatahui bentuk Peraturan Daearah (Perda) dan Rencana Peraturan Daerah (Raperda) untuk di jadikan landasan hukum guna mengatur dan menata suatu Pemerintahan.

Anggota Panitia Khusus DPRD Kabupaten Banjarnegara dan DPRD Kabupaten Pekalongan dalam rangka studi banding tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas terhadap Perumahan kumuh dan Pemukiman kumuh juga Tata Tertib DPRD.

"Kedatangan saya dan rombongan hari ini selain untuk bersillaturahmi kami bermaksud untuk dapat mengetahui dan menimba ilmu serta mengenai tata tertib DPRD,”kata H Bawono S.Sos MM Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara.

Sesi perkenalan dan sesi jawab pertanyaan pun langsung di anggapi oleh Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Kabupaten Indramayu, Teddy Rakhmat Riyadi, SH.

Menurutnya DPRD Kabupaten Indramayu mengenai Tata tertb DPRD telah terangkum dalam PERDA Kabupaten Indramayu Tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Indramayu yang masih menunggu pengesahan dari Gubernur, meliputi mengenai Anggaran dan Pengawasan.

“Untuk Kabupaten Indramayu sudah lama menerapkan PP Nomor 12 Tahun 2018 tentang Penyusunan Tata Tertib DPRD Kabupaten atau Kota, dengan penerapan PP tersebut bentuk tata tertib dan pengawasan dalam lingkup DPRD dapat terjaga dan sesuai prosedural,”katanya. Dirinya tidak bisa sepenuhnya menerangkan mengenai cara bagaimana Penerapan dalam Penyusunan PP Nomor 12 Tahun Tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten atau Kota, pasalnya sebagian anggota DPRD Kabupaten Indramayu masih dalam Kunjungan Kerja (Kunker) ke luar kota.

Demikian pula halnya bahwa semua rencana dan tata kerja mengenai pemukiman telah terangkum dalam PERDA Kab Indramayu no 4 tahun 2013 Tentang Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Ungkap El Gharif H.A ST M.Eng dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kab Indramayu .

Sebagai bentuk rasa hormat antara DPRD Kabupaten Banjarnegara, Pekalongan dan DPRD Kabupaten Indramayu, secara simbolis saling bertukar cinderamata dan foto bersama.


Komisi