INDRAMAYU (MP) Untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan anak-anak bangsa, khususnya bagi anak-anak atau masyarakat di kabupaten Indramayu. Panitia Khusus (Pansus) IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) indramayu, membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Gerbang Maca. “Raperda Gerbang Maca, bertujuan agar keberadaan perpustakaan bisa berkembang dan bisa dibangun di setiap Kecamatan dan Desa agar bisa dinikmati oleh setiap masyarakat. Bukan hanya itu, Raperda ini juga agar setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kab. Indramayu bisa membangun perpustakaan”, hal itu disampaikan Ketua Pansus IV DPRD Indramayu, Ibnu Rismansyah, saat melakukan kunjungan lapangan Pansus 4 ke dua lokasi berbeda diantaranya Dinas Arpus dan Desa Juntinyuat Kabupaten Indramayu didampingi Anggota Pansus IV, Dalam SH.KN, Casmuni, Karsiwan, Margani, Nico Antonio, ST, Ir. Didi Mujahiri, Taufik Hadi Sutrisno, Hj, Siti Nurlaela, Liyana Listia Dewi, Amp, UU Sukarsih Suin, Hj, Kursiah, dan Hj, Yayah Juhriyah yang diterima langsung Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu, Toto Susmanto, M.Si.

Pada pertemuan tersebut, Pansus IV DPRD menghimbau Disarpus mengubah image perpustakaan menjadi perpustakaan yang menarik dan menyenangkan (transformasi perpustakaan) dan berupaya aktif untuk mengadvokasi BUMN / BUMD dalam rangka pengembangan minat baca di Indramayu serta Pemerintah Daerah harus menganggarkan buku yang bermutu dan berkualitas (program dan kegiatan). "Perda Gerbang Maca tersebut akan menjadi payung hukum bagi Pemda Indramayu untuk terus meningkatkan budaya literasi di masyarakat indramayu, dengan adanya perda tersebut akan jadi penguatan buat kami untuk bergerak karena landasan hukumnya sudah ada. Pihak terkait juga jadi lebih nyaman dalam membuat program," jelas Anggota Pansus IV DPRD Indramayu, Dalam, SH.KN. Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu, Toto Susmanto menjelaskan, inovasi Gerbang Maca bertujuan untuk menumbuhkan minat, gemar dan budaya baca masyarakat perlu dilakukan langkah yang komprehensif dari seluruh sumber daya yang tersedia. “Peningkatan pelayanan yang mudah, cepat dan fasilitas lengkap, maka telah dapat mendorong antusiasme masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan umum daerah” ujarnya. Selain melakukan kunjungan lapangan di Dinas Arpus,

Anggota Dewan yang tergabung dalam Pansus IV DPRD Indramayu juga mengunjungi Perpustakaan "Gema Karya” Desa Juntinyuat Kecamatan Juntinyuat yang meraih Juara II Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, kedatangan rombongan Pansus IV disambut Camat dan Kuwu Desa Juntinyuat beserta jajarannya. "ini merupakan bukti nyata kerja keras dari seluruh komponen khususnya nya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu, dengan di raihnya Penghargaan ini semoga Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dan pihak terkait lebih meningkatkan professionalitas dalam rangka mengembangkan minat baca dan kami berharap kedepannya lebih baik lagi serta dapat terus berkontribusi untuk masyarakat” tutur Ketua Pansus DPRD Indramayu, Ibnu Rismansyah. Perpustakaan "Gema Karya" Desa Juntinyuat sudah menerapkan sistem otomasi digital dan mulai bertransformasi menjadi perpustakaan digital atau e-library. dimana para pengunjung kini sudah bisa mengakses atau mencari bahkan membaca buku dalam bentuk format digital yang sudah ada disetiap komputer perpustakaan. Tujuan dari perpustakaan digital atau e-library sendiri antara lain memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk membangun jaringan kerja sama antar berbagai jenis perpustakaan dalam rangka menyediakan dan memanfaatkan secara bersama sumber informasi yang dapat diakses publik sesuai amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan “Mudah-mudahan kedepan sinergitas kita tetap terjaga demi menggalakan Gerakan Literasi Masyarakat Desa dan meningkatkan minat baca masyarakat”, ujar pihak pengelola Perpustakaan "Gema Karya" Desa Juntinyuat.(MP)


Komisi