INDRAMAYU (MP) - DPRD kabupaten Indramayu membahas Rancangan Peraturan Daerah inisiatif DPRD ke Kementerian Pertanian RI Jakarta, Membahas Raperda inisiatif DPRD sebagai wujud nyata anggota DPRD Kabupaten Indramayu dalam meningkatkan produktivitas pertanian ( Senin 10/12/2018 )

Konsultasi di pimpin Ketua Pansus 8 Bhisma Panji Dewantara didampingi wakil ketua Warli SE dan anggota pansus 8 Tarwidi , UU sukarsih Suin , Iis naeni , Margani , Estim Enting , Hj Darinah , Hj Siti Aminah , H Akhmad Khudzaifah S.pd.I , Karsiwan SE. Dan Kepala Dinas Pertanian Kab Indramayu Ir. H Takmid , MM.

Bertampat di Ruang Rapat Pengembangan dan Penyuluhan Kementerian Pertanian RI rombongan Pansus 8 DPRD Kabupaten Indramayu di terima langsung Kepala Bidang Program dan Evaluasi Ir. I Wayan Ediana , M.Si yang menyambut baik Raperda inisiatif DPRD kabupaten Indramayu tentang perlindungan dan pemberdayaan petani ,

" Dengan adanya Raperda ini , sangat memberikan manfaat yang besar dalam pengembangan pertanian di Indonesia khususnya kabupaten Indramayu . Hal ini juga sebagai bentuk nyata dan komitmen daerah dalam mengembangkan pertanian dan ini juga sebagai upaya menjaga ketahanan pangan daerah bahkan nasional" Tegasnya .

Ir I Wayan Ediana MSi mengatakan bahwa dalam perda inisiatif ini juga perlu dibuat lebih spesifik tentang ruang lingkup perda yang akan di bahas. Hal ini perlu di perjelas dalam naskah akademiknya dan perlu di tekankan arah perlindungan serta pemberdayaan terhadap petani, apakah perlindungan petani saja atau perlindungan petani dan perkebunan, juga harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi di masing masing daerah. Hal ini perlu untuk mengantisipasi kegagalan panen di daerah baik karena hama maupun bencana alam.

Kementerian Pertanian akan memberikan dukungan terhadap berbagai program pertanian di daerah melalui berbagai program pemberdayaan petani. Tentunya Pemerintah pusat juga akan memberikan dukungan dalam APBN, pengembangan pertanian dan ketahanan pangan.

Sementara itu Ketua Pansus 8 Bhisma Panji Dewantara mengatakan bahwa Raperda inisiatif ini diarahkan pada hal perlindungan petani dalam bentuk asuransi bagi petani. Hal ini penting sebagai bagian untuk melindungi para petani dari berbagai masalah di lapangan.dan mengembangkan interprenernya karena urusan petani ini tidak hanya masalah menanam dan panen , tapi juga bagaimana kemudian menambah nilai suatu produk pertanian sehingga ujungnya adalah kesejahteraan bagi para petani.

Anggota Pansus 8 dari Fraksi Golkar Tarwidi mengatakan bahwa Raperda ini sebagai salah satu solusi untuk menjaga produktifitas pertanian dalam menunjang ketahanan pangan nasional. Raperda ini nantinya akan mengatur mengenai perlindungan terhadap petani dan kegiatan pertanian yang ada di kabupaten Indramayu “Raparda ini dihajatkan untuk menjaga sektor pertanian agar dapat berjalan dengan lancar dan maksimal baik dalam hal kegiatan produksi maupun pemberdayaan terhadap petani” ujarnya. (Tim MP)


Komisi