INDRAMAYU(MP) Panitia Khusus atau Pansus 9 DPRD Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat selama sehari (Kamis, 13 Desember 2018) melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah. Kunjungan Kerja Pansus 9 ini terkait referensi dan sharing informasi berkenaan dengan Pembahasan Raperda Pembangunan Kawasan Industri Kabupaten Indramayu. Menurut ketua Pansus 9 yakni Alam Sukmajaya kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jateng ini merupakan agenda penting untuk kelancaran pembahasan Raperda pembangunan kawasan industri Kabupaten Indramayu. Raperda inipun setelah dilakukan berbagai proses maka kelak akan ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Indramayu dan akan segera di implementasikan kepada masyarakat. Dalam Raperda Pembangunan Kawasan Industri Kabupaten Indramayu ini rencananya pihak Pemerintah Kabupaten Indramayu akan membuka lahan untuk membangun kawasan industri seluas 20 ribu hektar. Lahan tersebut rencananya akan dijadikan pusat industri di daerah.

Selain itu kunjungan Pansus 9 DPRD Kabupaten Indramayu ke Pemkab. Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah, diterima pihak Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja setempat yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan komoditas industri yakni Dra. Sri Murtini MM., dan dilakukan diskusi seputar lahan industri. Dalam diskusi itu terungkap bahwa Pemkab Sukoharjo tidak mempunyai kawasan industri dan hanya mempunyai zona industri seluas dua ribu hektar yang tersebar disejumlah kecamatan.
Menurut Sri Murtini, minimnya zona industri dikarenakan luas wilayah di kabupaten Sukoharjo tidak seluas wilayah Kabupaten Indramayu. Selain itu salah satu komoditi utama yang merupakan usaha rumah tangga turun temurun di Kabupaten Sukoharjo adalah air memabukan yang bernama ciyu. Komiditi turun temurun inipun rencananya akan diperbaharui menjadi industri alkohol dan akan dilegalkan.


Sementara itu Pansus 9 DPRD Kabupaten Indramayu diketuai oleh M.Alam Sukmajaya. ST., MT., dan Wakil Ketua H.Sirojudin SP. Sedangkan anggotanya yakni Ibnu Rismansyah, Hj.Yayah Juhriyah, Hj.Siti Nurlaela, H. Kasum, Hj.Kursiah, Liyana Listia Dewi,SE., Dalam SH., KN., Muhamad Sholihin, S.Sos.i., Muhamad Marzuki., H.Nico Antonio ST., Ir.H.Didi Mujahiri, Junedi Spdi serta Robiā€™in, ST. Dalam Kunjungan Kerja ini hadir pula Kepala Diskopdagin Drs. E Trisna Hendarin, Msi dan Kabid Perindustrian Diskopdagin. (Tim.MP)


Komisi