Indramayu (MP) - Daerah pantai merupakan bagian dari wilayah pesisir yang sangat spesifik, karena di wilayah ini terjadi interaksi antara tiga komponen lingkungan yaitu laut, darat dan udara. Zona pantai senantiasa memiliki proses penyesuaian yang terus menerus menuju keseimbangan alami terhadap dampak dari pengaruh eksternal dan internal baik yang bersifat alami maupun campur tangan manusia/buatan. Faktor alami diantaranya gelombang, arus, kecepatan dan arah angin, debit sungai, kondisi tumbuhan pantai serta aktivitas tektonik maupun vulkanik. Sedangkan kegiatan campur tangan manusia/buatan seperti pemanfaatan kawasan pantai sebagai suatu kawasan perikanan, industri, pelabuhan, pariwisata, pertanian, kehutanan, pertambangan dan pemukiman.

Pantai Eretan Indramayu merupakan bagian dari perairan pantai utara Jawa Barat ialah kawasan strategis dalam pengembangan kawasan pesisir. Daerah tersebut dimanfaatkan sebagai areal pelabuhan perikanan, pertambakan garam dan ikan, pemukiman. Peningkatan pemanfaatan areal pantai menimbulkan gangguan terhadap ekosistem dan keseimbangan dinamika pantai. Masalah yang timbul di daerah pantai yakni abrasi, sedimentasi, pencemaran dan intrusi air laut.

Dampak rusaknya breakwater di pesisir pantai eretan wetan kecamatan kandanghaur kabupaten indramayu mengakibatkan tergenangnya hampir 2000rb rumah penduduk terkait hal ini wakil ketua DPRD kabupaten indramayu M. Sholihin,S.Sos.I melakukan kunjungan lapangan melihat secara langsung situasi yang terkena dampak jebolnya breakwater, kunjungan lapangan ini perlu dilakukan dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten indramayu, dalam fungsi legislatif dalam memperjuangkan masyarakat. Rabu (3 juni 2020)

Setelah melihat secara langsung lokasi breakwater yang rusak kami DPRD Kabupaten indramayu bersama pemerintah daerah kabupaten indramayu serta mengajak pemerintah provinsi dan pusat bersama sama mengatasi Abrasi di Pantai Eretan Indramayu karena hampir mencapai perumahan warga, dalam hal ini harus ada inisiatif dan trobosan yang baru program kedepan untuk mengatasi abrasi, “Dalam waktu dekat DPRD Kabupaten indramayu akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam upaya untuk memperbaiki breakwater yang rusak, kami juga bersama pemerintah daerah akan membentuk tim kajian, apakah breakwater tersebut perlu direlokasi ataukah bagaimana,yang jelasakan melakukan misi kemanusian dalam rangka penyelamatan masyarakat setempat dan lingkungan sehingga diharapkan masyarakat desa eretan wetan bisa melaksanakan kegiatan seperti biasanya dengan tenang tanpa ada rasa khawatir akan datangya banjir rob”.Tegas M. Sholihin, S.Sos.I

Dalam kunjungan lapangan wakil ketua M. Sholihin, S.Sos.I di dampingi Kepala Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Eddy, berharap kepada yang terhormat wakil rakyat agar memperjuangkan aspirasi ini dan juga menyampaikan kepada dinas terkait agar segera memperbaiki waterbreak yang rusak supaya aktifitas masyarakat desa eretan wetan bisa berjalan dengan seperti biasanya. tandasnya penuh harap. TIM MP

 


Komisi