INDRAMAYU (MP) - Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu melakukan kunjungan lapangan (kunlap) ke sejumlah mitra kerja diantaranya satpol PP, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu. Di pimpin langsung Ketua Komisi I Muhammad Marzuki didampingi sekretaris Lilyana Listia Dewi,AMP dan anggota komisi I DPRD Kabupaten Indramayu , Ahmad Munjani Nur, S.H.I , H. Nico Antonio,ST , Hj Siti Nurlaela , H Estim Enting dan Karsiwan SE.

Menurut ketua komisi I DPRD Kabupaten Indramayu Muhammad Marzuki , kunjungan lapangan ini sangat penting mengingat fungsi legiaslatif yaitu penganggaran, legislasi dan pengawasan terutama terkait kinerja lembaga eksekutif dalam hal ini pihak Pemerintah Kab.Indramayu, ( Rabu 19/10/2018).

”Dengan dilakukannya kunjungan lapangan ini, kelak komisi I ingin mengetahui program kegiatan apa saja yang sudah dilaksanakan ataupun yang belum dilaksanakan, dan ingin mengetahui secara langsung seluruh permasalahan yang ada, di mitra kerja kami". Ujarnya

Sementara itu pada kunjungan lapangan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) , Kabupaten Indramayu hanya mendapatkan 372 formasi pada rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018. Menurut Zaenal Muttaqin Kabid Mutasi dan Pengembangan SDM, dari 372 formasi tersebut paling banyak adalah tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya. sesuai Permenpan RB No.36 Tahun 2018, Dan ada formasi khusus bagi tenaga honorer katagori 2 (K2). Serta ada juga formasi khusus bagi mereka yang memiliki nilai ijazah cumlaude (sangat memuaskan). Kaum difabel juga mendapatkan formasi khusus dalam rekrutmen CPNS dengan kuota maksimal 1 persen dari jumlah secara keseluruhan. Zaenal Muttaqin juga menjelaskan “salah satu persyaratan bagi pelamar CPNS adalah berusia maksimal 35 tahun pada saat mendaftar (untuk pelamar umum), Jika peserta dinyatakan lulus administrasi maka akan diumumkan melalui situs online local” .

Di Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) kunjungan lapangan komisi I DPRD di terima langsung Munjaki Kasatpol PP dan DAMKAR Kabupaten Indramayu, dalam sambutannya Lilyana listia Dewi selaku sekretaris komisi I DPRD menghimbau kepada satpol PP Indramayu jika menertibkan PKL sebaiknya terlebih dahulu dengan cara pendekatan dan sosialisasi tatap muka langsung sehingga ketika dalam penertiban bisa berjalan tertib dan aman.

Menurut Kamsari selaku Kabid GAKDA “mengenai ketertiban PKL kami selalu berkoordinasi dengan Disperindag dan dinas perizinan yang mempunyai wewenang pengawasan dan perizinan, agar para pedagang kaki lima di tempat kan di tempat yang sebagaimana mestinya, dan kami satpol PP Akan menata lagi PKL yang yang mengganggu ketertiban umum dengan cara pendekatan dan sosialisasi juga dengan dinas terkait harus memfasilitasi tempat bagi PKL agar mereka tidak kembali lagi mengganggu ketertiban umum “ lebih lanjut menjelaskan bahwa dengan wilayah Kabupaten Indramayu yang luas, lebih efektif lagi jika penambahan anggota yang ideal seharusnya lebih dari 300 personil. (Tim Media Parlemen)

INDRAMAYU (MP) Pimpinan serta anggota komisi C dan D DPRD Kabupaten Pemalang Jawa Tengah bertandang ke DPRD Kabupaten Indramayu Jawa Barat dalam rangka study banding dan turut serta bersama rombongan Wakil Bupati Kabupaten Pemalang Jawa Tengah Drs H Martono. (9/8/2018)

Ketua Komisi II DPRD Bhisma Panji Dewantara SSI. APT yang menerima sekaligus memimpin kunjungan kerja tersebut, pada kesempatan ini hadir juga perwakilan dari Dinas Pendidikan, Dinas Keuangan, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Koperasi Pemerintah Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Wakil Ketua DPRD KH. Mukhtadin mengungkapkan maksud tujuan dari Komisi C dan D DPRD Kabupaten Pemalang Jawa Tengah ke DPRD Kabupaten Indramayu Jawa Barat untuk berdialog dan sharing berkaitan dengan pendapatan asli daerah dalam pelayanan kesehatan serta kebijakan pemerintah terhadap tenaga kerja dan pendidikan.

“ Terkait pendidikan sejauh mana peran Pemkab Indramayu mengenai pendidikan non formal, serta apa saja PAD yang terbesar di Indramayu “ tutur KH Mukhtadin.

Menanggapi mengenai pendidikan Bhisma Panji Dewantara mengungkapkan bahwa Kabupaten Indramayu sudah memiliki Perda PAUD, dimana pemerintah Kabupaten Indramayu sebagai elemen bangsa turut berperan dalam meningkatkan pendidikan secara nasional dan khususnya untuk tingkat Kabupaten Indramayu, salah satu upayanya adalah Perda Paud (inisiatif komisi II DPRD) sebagai payung hukum dalam upaya agar anak-anak usia dini terfasilitasi pendidikannya dengan baik.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan salah satu komponen sumber dari pembiayaan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan mengatur rumah tangga pemerintah kabupaten Indramayu, oleh karena itu dalam pencapaian penerimaan pendapatan asli daerah harus optimal dan tepat waktu agar dapat memberikan kontribusi terhadap pencapaian sasaran program pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan serta mengatur rumah tangga pemerintah kabupaten Indramayu. PAD yang terbesar diantaranya dari pajak daerah, restribusi daerah, Rumah Sakit Daerah serta Tempat Pelelangan Ikan seperti yang diterangkan oleh perwakilan pihak Dinas Keuangan, “ Dengan dibangunnya Tol Cipali, banyak restoran yang tutup sehingga menurunkan PAD dari sektor restribusinya “ tambah politisi PKS Bhisma Panji Dewantara.

Mengakhiri acara, DPRD Kab Indramayu Jawa Barat dan DPRD Kab Pemalang Jawa Tengah saling bertukar cinderamata dan berfoto bersama. (tim MP)

INDRAMAYU (MP) Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu melakukan kunjungan lapangan (KUNLAP) ke Dinas Kependudukan Catatan Sipil (DISDUCAPIL). Kegiatan ini di pimpin langsung Ketua Komisi I Muhammad Marzuki didampingi Wakil Ketua Ibnu Rismansyah serta Sekretaris Lilyana Listia Dewi,AMP dan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu, Syaefudin , Ahmad Munjani Nur, S.H.I , H . Ahmad Fathoni , H. Nico Antonio,ST , Hj Siti Nurlaela , H Estim Enting, Karsiwan SE.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu Muhammad Marzuki , kunjungan lapangan ini sangat penting mengingat fungsi legislatif itu penganggaran, legislasi dan pengawasan terutama terkait kinerja lembaga eksekutif atau dalam hal ini pihak Pemerintah Kab.Indramayu. .”Dengan dilakukannya kunjungan lapangan ini, kelak komisi I ingin mengetahui program apa saja yang sudah dilaksanakan ataupun yang belum dilaksanakan, dan mengetahui secara langsung seluruh permasalahan yang ada, di mitra kerja kami". Ujarnya

Pada kunjungan lapangan inipun anggota komisi I berkesempatan melihat melihat langsung ruang arsip yang tertata rapih dan menggunakan sistem digital dan manual. sementara itu,di dinas kependudukan catatan sipil (DISDUKCAPIL) di terima langsung plt Kadis H. Dudung Indra ariska, mengatakan saat ini Disdukcapil masih terkendala dengan beberapa fasilitas kerja diantaranya tempat penyimpanan arsip yang tidak layak, dan ruangan untuk pelayanan masyarakat yang masih banyak kekurangan, " semoga saja dengan adanya kunjungan lapangan komisi I DPRD kabupaten indramayu bisa membantu untuk menaiikan anggaran disdukcapil sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa teratasi dengan cepat."ujarnya (Egie Prasetiyo) .

Rapat kerja Komisi A dengan mitra kerja Bagian Pertanahan, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bagian Hukum / Bagian Otonomi Desa dan Asisten Pemerintahan Kabupaten Indramayu dalam rangka berdialog serta membahas terkait pelaksanaan pemberian dana desa dan alokasi dana desa juga Komisi A dapat mengetahui terkait Data Tanah Eks Pengangonan Desa dan Tanah Aset Desa di Kabupaten Indramayu, serta membahas terkait konflik Tanah Garapan Lahan Tambak masyarakat Desa Lamarantarung Kecamatan Cantigi.

INDRAMAYU (MP) Komisi I DPRD Kab. Indramayu menggelar rapat kerja dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Indramayu (Dispora) Kab. Indramayu, rapat kerja yang digelar di ruang Komisi I (27/08/2018) dipimpin Sekretaris Komisi I Liyana Listia Dewi, Amp turut hadir Anggota Komisi I Hj. Siti Nurlaela, H. Ahmad Fathoni dan Mislam.

Dalam acara tersebut Sekretaris Komisi I, Liyana Listia Dewi, Amp menyampaikan tujuan dilaksanakannya rapat kerja dengan mitra kerja, Komisi I ingin mengetahui pelaksanaan kegiatan program kerja yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan mitra kerja pada Tahun Anggaran 2018.

“Rapat kerja Komisi I dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Indramayu (Dispora) Kab.Indramayu bertujuan untuk memecahkan atau mencari jalan keluar suatu permasalahan, menyampaikan informasi, perintah, pernyataan, menampung semua permasalahan, sehingga pihak terkait dapat berpartisipasi pada masalah-masalah yang sedang terjadi, khususnya permasalahan di bidang kepemudaan dan keolahragaan”, ujarnya.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Indramayu (Dispora) Kab. Indramayu, Daryan mengungkapkan, kegiatan yang sudah dilaksanakan di Dispora khususnya dibidang olahraga diantaranya Pekan Olahraga Daerah yang dilaksanakan di Kota Bandung Jabar.

“Atas semua dukungan dari semua pihak di Kabupaten indramayu, Dispora menyumbangkan 7 medali emas 2 perak dan 12 perunggu menempati peringkat 12 dari 27 Kabupaten sejawabarat serta terkait kegiatan pada pusat pelatihan pelajar daerah, Kabupaten Indramayu adalah salah satu Kabupaten yang sudah memiliki Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar Daerah bidang olahraga yang peserta nya terdiri dari pelajar, kami memiliki sekitar kurang lebih 75 atlet dan 22 pelatih” tuturnya.

Komisi I DPRD Kab.Indramayu berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu dalam pembinaan atlet di Kabupaten Indramayu agar lebih ditingkatkan mulai dari aspek memfasilitasi dan mempertahankan sumber-sumnber yang ada (SDM, alat/fasilitas), memfasilitasi atau memberikan program pelatihan dan pendidikan. (Tim.MP)

Komisi