INDRAMAYU (MP) Pimpinan serta anggota komisi C dan D DPRD Kabupaten Pemalang Jawa Tengah bertandang ke DPRD Kabupaten Indramayu Jawa Barat dalam rangka study banding dan turut serta bersama rombongan Wakil Bupati Kabupaten Pemalang Jawa Tengah Drs H Martono. (9/8/2018)

Ketua Komisi II DPRD Bhisma Panji Dewantara SSI. APT yang menerima sekaligus memimpin kunjungan kerja tersebut, pada kesempatan ini hadir juga perwakilan dari Dinas Pendidikan, Dinas Keuangan, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Koperasi Pemerintah Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Wakil Ketua DPRD KH. Mukhtadin mengungkapkan maksud tujuan dari Komisi C dan D DPRD Kabupaten Pemalang Jawa Tengah ke DPRD Kabupaten Indramayu Jawa Barat untuk berdialog dan sharing berkaitan dengan pendapatan asli daerah dalam pelayanan kesehatan serta kebijakan pemerintah terhadap tenaga kerja dan pendidikan.

“ Terkait pendidikan sejauh mana peran Pemkab Indramayu mengenai pendidikan non formal, serta apa saja PAD yang terbesar di Indramayu “ tutur KH Mukhtadin.

Menanggapi mengenai pendidikan Bhisma Panji Dewantara mengungkapkan bahwa Kabupaten Indramayu sudah memiliki Perda PAUD, dimana pemerintah Kabupaten Indramayu sebagai elemen bangsa turut berperan dalam meningkatkan pendidikan secara nasional dan khususnya untuk tingkat Kabupaten Indramayu, salah satu upayanya adalah Perda Paud (inisiatif komisi II DPRD) sebagai payung hukum dalam upaya agar anak-anak usia dini terfasilitasi pendidikannya dengan baik.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan salah satu komponen sumber dari pembiayaan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan mengatur rumah tangga pemerintah kabupaten Indramayu, oleh karena itu dalam pencapaian penerimaan pendapatan asli daerah harus optimal dan tepat waktu agar dapat memberikan kontribusi terhadap pencapaian sasaran program pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan serta mengatur rumah tangga pemerintah kabupaten Indramayu. PAD yang terbesar diantaranya dari pajak daerah, restribusi daerah, Rumah Sakit Daerah serta Tempat Pelelangan Ikan seperti yang diterangkan oleh perwakilan pihak Dinas Keuangan, “ Dengan dibangunnya Tol Cipali, banyak restoran yang tutup sehingga menurunkan PAD dari sektor restribusinya “ tambah politisi PKS Bhisma Panji Dewantara.

Mengakhiri acara, DPRD Kab Indramayu Jawa Barat dan DPRD Kab Pemalang Jawa Tengah saling bertukar cinderamata dan berfoto bersama. (tim MP)


Komisi