BANGKALAN MP – Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Bangkalan dengan pembahasan yang berkaitan dengan kepegawaian dan pemerintahan. Kunjungan kerja tersebut dipimpin oleh Turah selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indramayu dan didampingi Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu, Liyana Listia Dewi,SE dan Wakil Ketua Komisi I H. Imam Mul Mutaqim, serta turut hadir 11 anggota Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu

Drs. Muhni, MM selaku Wakil Bupati Bangkalan menerima secara langsung kunjungan kerja tersebut dengan didamping oleh Drs. Moh. Fahri, M.Si selaku ASDA II Kabupaten Bangkalan di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Bangkalan. Pada kunjungan kerja tersebut Komisi I menilai Pemerintah Kabupaten Bangkalan memiliki kultur daerah yang mirip sehingga kedatangan Komisi I DPRD Kab. Indramayu ingin bertukar pikiran terutama membahasa mengenai Tenaga Kerja Honorer.

Seperti yang disampaikan oleh Muhni Fahmi, bahwa tenaga hononer di Kabupaten Bangkalan tercatat di BKPSDA (Badan Kepegawaian Pegawai Dan Sumber Daya Aparatur) Kabupaten Bangkalan tahun 2020 sebanyak 3848 yang terdiri dari 881 pada instansi dinas pendidikan, 500 di dinas perdagangan dan sisanya tersebar dibeberapa instansi lainnya.

Membahas isu permasalahan akan diadakannya penghapusan tenaga honorer atas usulan dari pemerintah pusat, menurut Sekretaris BKPSDA Kabupaten Bangkalan Ari Murfiyanto, sebenarnya aturan tersebut sudah tertuang dalam UU No 5 Tahun 2014, dimana pegawai pemerintah hanya ada PNS dan PPPK. Pemda bangkalan saat ini melakukan upaya yaitu memberi arahan pada tenaga honerer Kabupaten Bangkalan yaitu untuk tetap bekerja seperti biasa selama belum ada sk yang pasti dari pusat

Dan bagian dari antisipasi yang dilakukan bpsda pemkab bangkalan untuk peningkatan kinerja ASN apabila honorer dihapuskan yaitu dengan memanfaatkan sistem IT yang terdiri dari absen dan penilaian kinerja berbasis sistem dengan berdasar pada kehadiran, produktivitas dan perilaku kerja.
Pembahasan yang berjalan selama 2 jam tersebut ditutup oleh serah terima cinderamata dari masing-masing daerah antara Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Bangkalan yang diwakili oleh Pimpinan DPRD Kabupaten Indramayu Bapak Turah dan Wakil Bupati Bangkalan, Muhni Fahmi.(TIM MP)

 

Komisi