INDRAMAYU – MP.Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu melakukan kunjungan koordinasi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cirebon, Kunjungan ini dipimpin Ketua Komisi  I Liyana Listiya Dewi, SE dan amggota Komisi I lainnya, Kunjungan Koordinasi tersebut di terima Kabid Data Disdukcapil Kota Cirebon, Eli. H.

Kunjungan Koordinasi Komisi I membahas Benab Anggaran Daerah terkait Pihak ke Tiga dari Program KIA. Menurut Ketua Komisi I DPRD Indramayu, Liyana Listiya Dewi mengatakan “ Kami ingin mengetahui beban anggaran daerah terkait pihak ktiga di kota Cirbon, di ambil dari APBD atau murni dari Pihak Ketiga ?” Jelasnya.

Menggapi hal tersebut Kabid Data Disdukcapil Kota Cirebon, Eli H menjelaskan bahwa untuk program KIA apabila ibu melahirkan di rumah sakit atau klinik yang bekerjasama dengan dinas, sudah otomatis langsung mendapatkan 1 paket dokumen, yang terdiri dari KIA, KK dan AKTE, begitupun apabila ibu melahirkan di bidan. Keuntungan KIA yaitu anak bisa mendapatkan diskon dari pihak ketiga. Untuk beban Anggaran Daerah terkait pihak ketiga, Dinas bekerjasama dengan toko buku dan kolam renang, apabila anak menunjukan KIA Kota Cirebon maka anak tersebut bisa mendapatkan diskon sebesar 10%. Sebelumnya Pemerintah Kota membuat perwali. Edaran Wali Kota berupa himbauan kepada pelaku usaha untuk mendukung edaran Wali Kota, selain itu dinas mlakukan pendekatandengan pelaku usaha, dinas juga melakukan perjanjian dengan pelaku usaha. Untuk permasalahan beban anggaran terkait pihak ketiga di Kota Cirebon semuanya di tanggung pihak ketiga atau pelaku usaha bukan dari APBD. TIM MP


Komisi