DEMAK (MP) Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah. Kunjungan kerja yang dipimpin Wakil Ketua Komisi I Ibnu Rismansyah didampingi Sekretaris Komisi I DPRD Kab. Indramayu Liyana Listia Dewi, Amp diterima Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemkab Demak, Mulyana, di gedung A ruang rapat Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Demak. Turut hadir pada kesempatan tersebut Anggota Komisi I DPRD Kab. Indramayu serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Industri (Dinnakerind) Kabupaten Demak , Daryanto beserta jajaran.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kab. Indramayu Ibnu Rismansyah dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerja Komisi I ke Sekretariat Pemerintah Kabupaten Demak ingin sharing dan berbagi informasi mengenai penanganan tenaga kerja dan badan usaha milik desa (BUMDES).

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Industri Kabupaten Demak, Daryanto menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Demak saat ini fokus pada tiga hal, antara lain menekan angka kemiskinan, mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Angka pengangguran di Demak pada tahun 2018 mencapai 7,16 % atau sebanyak 43.563 orang. Untuk menekan jumlah tersebut, Pemkab Demak bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan salah satu diantaranya pelatihan kerja program magang ke Jepang.

Dia menyampaikan, program magang ke Jepang yang dikhususkan untuk laki-laki ini merupakan sistem pelatihan kerja yang dikembangkan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan skill tenaga kerja Indonesia sesuai dengan standarisasi kerja pada perusahaan di Negara Jepang.

“Beberapa pelayanan masyarakat yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak di antaranya Pelayanan Kartu Pencari Kerja (AK.1), Perpanjangan Ijin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA), Transmigrasi, Survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dan Pengusulan UMK, Rekomendasi Izin Usaha Industri, dan Pelatihan Berbasis Kompetensi bagi Pencari Kerja”ujarnya. (Tim.MP)


Komisi