JAWA TENGAH MP - Bertempat di Ruang Rapat Ngasti Widhi Pemerintah Kabupaten Kendal dan Ruang Rapat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang Jawa Tengah Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu melakukan Kunjungan Kerja (2-3/3/2020), kegiatan tersebut dipandang perlu dilakukan demi memperoleh referensi untuk mengatasi beberapa permasalahan terkait Buruh Migran, Pengadaan e-KTP, Pemilihan Kepala Desa dan Keberadaan Kawasan Industri.

Kunjungan Kerja ke Komisi I ini dipimpin langsung oleh Turah selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indramayu yang didampingi oleh Ketua Komisi I Liyana Listia Dewi beserta seluruh Anggota Komisi I DPRD kabupaten Indramayu kegiatan ini diterima oleh Staf Ahli Bupati Kendal Bidang Pemerintahan dan Politik, Duyanto, S.Pd., M.Si didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dwiyono, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Dinas Tenaga Kerja Diyah Noordhaniyah dan Staf DPMD Kabupaten Kendal Ami Fathoni .

Sedangkan di Kota Semarang diterima oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang, Drs. Addi Trihananto beserta Kepala Dinas tenaga Kerja Kota Semarang Dr. Sutrisno, SKM., MPd.yang didampingi beberapa staff.

Dalam sambutannya Wakil Ketua Turah memaparkan maksud dan tujuannya berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Kendal dan Kota Semarang, selain untuk bersilaturahmi Komisi I DPRD Indramayu juga ingin menimba ilmu dari Pemerintah Kabupaten Kendal dan Kota Semarang yang telah mampu mengatasi kendala dalam hal penanganan masalah buruh migran, pencatatan kependudukan, pemilihan kepala desa dan juga telah adanya sebuah kawasan industri yang mampu menopang perekonomian di Jawa Tengah.

Duyanto, S.Pd., M.Si menyambut baik Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu, Staf Ahli Bupati Kendal Bidang Pemerintahan dan Politik Pemerintah Kabupaten Kendal ini pun mengharapkan dapat pula bertukar pikiran atau sharingpengalaman dari Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu kali ini.

Pemilihan Kabupaten Kendal sebagai tujuan Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu ini dapat dikatakan tepat apabila dikaitkan dengan beberapa isu yang akan dibahas, seperti dalam isu penanganan masalah buruh migran, berdasarkan data Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) pertahun 2018 Kabupaten Kendal memasok sedikitnya 2.400 pekerja pertahun atau rata-rata 200 pekerja perbulan, jumlah ini menjadi jumlah terbesar kedua di Jawa Tengah dan urutan ke delapan secara Nasional.

Dengan besarnya jumlah pekerja migran tersebut Pemerintah Kabupaten Kendal dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan beberapa inovasi pelayanan, salah satunya dengan diluncurkannya Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (LTSA-P2TKLN) yang menjadi salah satu program perbaikan tata kelola penempatan dan perlindungan terhadap TKI.

Sedangkan paparan Kepala DinasKependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang, Drs. Addi Trihananto, diketahui bahwa Kota Semarang mampu mencetak 8.000 keping e-KTP perharinya dengan metode pelayanan dengan pendekatan berbasis masyarakat serta dengan menggalakan gerakan sadar administrasi kependudukan dari tingkat kecamatan hingga tingkat kelurahan yang dilaksanakan sejak tahun 2018.

Berkaitan dengan kelangkaan blangko e-KTP, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang menyiasati dengan melakukan koordinasi intensif baik dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hingga dengan Kementerian Dalam Negeri untuk menambah pengadaan blangko e-KTP dengan jaminan bahwa , Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang dengan dukungan Walikota Semarangakan mampu menyelenggarakan pelayanan e-KTP sehari jadi dengan estimasi pelayanan dalam durasi menit. TIM MP


Komisi