INDRAMAYU (MP).Komisi 1 DPRD Kabupaten Indramayu melaksanakan rapat kerja dengan Assisten Pemerintahan, Bagian Hukum, Panitia Pemekaran Indramayu Barat, dalam rangka pemaparan hasil kajian dari Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Padjajaran tentang calon Ibukota Indramayu Barat dan penjadwalan penandatanganan persetujuan bersama antara DPRD Kabupaten Indramayu dengan Bupati Indramayu terhadap penetapan calon Ibukota Kabupaten Persiapan Indramayu Barat. selasa (16/07/2019)

Bertempat di ruang rapat BAPEMPERDA DPRD Kabupaten Indramayu, rapat di pimpin langsung Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Indramayu, Ibnu Rismansya, di dampingi anggota Komisi 1 Syaefudin SH, Estim Enting, Ahmad Fathoni, Karsiwan SE, dan Ketua Komisi 4 H Drs Muhaemin.

Menurut Assisten Pemerintahan Setda Indramayu Jajang Sudrajat mengatakan " dilihat dari beberapa aspek serta bobot dan skor per indikator mulai dari kondisi geografis, kerawanan bencana, bukan kawasan lindung, kemiringan lereng, potensi air bersih, drainasi permukaan, daya dukung lahan, ketersediaan lahan, sosial budaya, politik dan keamanan,serta aksesbilitas. dari hasil tersebut yang layak untuk dijadikan Ibukota Indramayu Barat terletak di Kecamatan Kroya ".

Dari hasil kajian yang dilakukan LPPM Universitas Padjajaran Bandung, Kroya sebagai Ibukota Kabupaten Indramayu Barat berdasarkan konektifitas antar daerah dan dalam wilayah antar Kecamatan sangat memadai demikian juga mengenai ketersediaan lahan 300 ha serta masyarakat antusias dan siap menyambut menjadi lokasi Ibukota, partisipasi masyarakat cukup tinggi, tidak pernah terjadi banjir yang dapat menghambat akses pelayanan.

Dalam kesempatan yang sama, anggota Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu Syaefudin menyampaikan, " kami selaku Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu setelah melihat hasil kajian yang dilakukan LPPM UNPAD, pada dasar nya sangat setuju. dan semoga perjuangan bersama ini demi mewujudkan Indramayu Barat bisa terwujud"

Selanjutnya Komisi 1 akan menyampaikan kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Indramayu, kiranya dapat segera dilakukan penandatanganan terhadap persetujuan bersama untuk penetapan calon Ibukota Kabupaten Persiapan Indramayu Barat, dimana penandatanganan akan dilaksanakan pada Sidang Paripurna Senin, 22 juli 2019. (TIM MP)


Komisi