JAKARTA MP- Komisi III DPRD Kab. Indramayu berkonsultasi ke Dirjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat perihal Pengelolaan Program Hibah Air Minum dan Sanitasi.
Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi III Ibnu Rismansyah beserta Anggota Komisi III lainnya diterima langsung Oleh Kepala Seksi Kelembagaan Ibu Riche Noviasari, ST., M. Eng., Sc. Turut hadir pula dari pihak PDAM Kabupaten Indramayu Direktur Teknik Agus Suprihartono, BE., S.Sos dan Doddy Sudrajat.

Dalam sambutannya Ketua Komisi III DPRD Kab. Indramayu menyampaikan, bahwa maksud kunjungan konsultasi tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme Tata Kelola Program Hibah Air minum dan Sanitasi baik secara teknik maupun penyertaan modal.

Menanggapi hal tersebut Bagian Seksi Kelembagaan, Ibu Riche menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Program Hibah Air Minum ini dikhususkan untuk lapisan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang ditetapkan oleh masing-masing Kepala Daerah. Kriteria MBR minimal dengan acuan daya listrik yang terpasang pada rumah tangga tersebut yaitu ≤ 1300 VA dan 50% diantara target sasaran tersebut memiliki daya listrik ≤ 900 VA.

Untuk mendapatkan dana hibah dari Program Hibah Air Minum ini, Pemerintah Daerah disyaratkan untuk melakukan investasi terlebih dahulu sampai dengan terjadinya pelayanan kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan program ini, Pemda akan memberikan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) kepada PDAM. Selanjutnya, PDAM akan melaksanakan kegiatan pembangunan.

Dana hibah dapat dicairkan oleh Pemerintah Daerah setelah adanya rekomendasi atas hasil verifikasi terhadap kinerja pelayanan kepada pelanggan yang menjadi sasaran program ini yang selanjutnya akan dikelola oleh Komite Pemerintah yang dibentuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum serta dibantu oleh Central Project Management Unit (CPMU) dan Provincial Project Management Unit (PPMU). Kabupaten/kota yang akan mendapatkan dana hibah program ini, perlu membentuk tim Project Implementation Unit (PIU) yang akan ditetapkan melalui Keputusan Kepala Daerah untuk melaksanakan program di masing-masing wilayahnya. (Tim. MP)


Komisi