JAWA TIMUR MP - Kunjungan kerja Komisi III DPRD Kabupaten Indramayu ke Pemerintahan Kota Surabaya diterima di ruang rapat Giri arta. Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua M. Sholihin dan didampingi Ketua Komisi III Ibnu Rismansyah disambut baik oleh perwakilan dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah Kota Suabaya.

Pada kesempatan itu WAkil Ketua DPRD M Sholihin, S.Sos.I mengungkapkan maksud kunjungan kerja ini terkait dengan Restribusi dan Pajak Daerah, untuk bisa menggali pengetahuan tentang bagaimana mekanisme yang ditempuh sehingga dari unsur restribusi dan pajak daerah ndapat berjalan dengan semestinya dan mampu dijadikan sebagai unsur dalam peningkatan PAD.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah Kota Surabaya menjelaskan bahwa dalam menjalankan kegiatan pengelolaan pajak daerah, BPKPD Kota Surabaya mengintergrasikan dengan sistem informasi terpadu yang berbasis tekhnologi informasi, dengan sistem yang telah terintegrasi tersebut, pencatatan transaksi yang dilakukan oleh wajib pajak dapat secara realtime terekam dalam database sehingga kemungkinan untuk manipulasi data sangat minim.

Seperti halnya di Kota Malang, yang sudah menerapkan sanksi khusus bagi mereka wajib pajak yang melanggar ketentuan pajak. Sanksi itu berupa penempelan stiker himbauan bahwa wajib pajak ini belum membayar pajak. Jika mereka wajib pajak masih belum bisa melaksanakan kewajibannya untuk membayar pajak, maka pihak kejaksaan akan mengambil alih wewenangan untuk menindak lanjuti. (Tim MP)


Komisi