INDRAMAYU (MP), Komisi IV yang dipimpin Ketua Komisi Drs. Muhaemin beserta anggota, antara lain Ruswa, Cuengsih, Taufik Hadi Sutrisno, Warim, Wardah, Abdul Rohman, Margani melaksanakan konsultasi dan koordinasi ke Direktorat Irigasi dan Rawa Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jakarta. Yang diterima oleh Ir. John Sianipar, M.Eng didampingi Muradi dari Direktorat Irigasi dan Rawa serta dari BBWS Cimanuk Cisanggarung Adjat. K.

Tujuan Komisi melaksanakan Konsultasi dan Koordinasi ini terkait dengan masalah moderinisasi irigasi yang ada di Indramayu seperti yang diungkapkan Ketua Komisi IV Drs Muhaemin “ dimana Komisi 4 ingin mengetahui sejauh mana rencana Kementerian PUPR khususnya Direktorat Irigasi dan Rawa mengenai tindak lanjut proyek moderinisasi bendung rentang yang jalur kanan sindupraja sebagian sudah dilaksanakan dan ketika jalur kiri saluran cipelang belum dilaksanakan “ katanya.

Menanggapi hal tersebut diterangkan oleh Direktorat Irigasi dan Rawa bahwa “ Moderinisasi Irigasi adalah suatu daerah irigasi yang efisien, efektif dalam penggunaan air dan harus diimbangi dengan moderinisasi pertanian sehingga menghasilkan produktifitas hasil pangan yang tinggi dengan kapasitas air yang efektif “ seperti yang diterangkan Muradi, dan dijelaskan pula oleh BBWS Cimanuk Cisanggarung Adjat K “ Bahwa untuk memoderinisasi irigasi ada beberapa kendala salah satunya, karena proyek ini bukan dari APBN tetapi dana bantuan luar negeri dari Jepang dan telah melihat serta menemukan disaluran irigasi yang ada di Indramayu ialah mengenai bangunan liar yang didata berjumlah seribu lebih bangunan, bukan hanya itu saja kendala lainnya adalah banyaknya pompanisasi di saluran irigasi, yang menjadi masalah dalam kerjasama dengan negara Jepang”

“ Memang betul rencana di bendung rentang bagian kanan sudah kami kerjakan beberapa paket tapi memang ada beberapa problem yaitu pompa-pompa yang tidak pernah diijinkan dan masalah ini pada sidang Team Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) hal ini sudah beberapa kali dibicarakan, dan masalah ini bukan hanya di Indramayu, kalau kita ingin sukses bersama diperlukan kerjasama yang baik, pemerintah pusat datang untuk membangun daerah maka permasalahan sosial ini dapat kita bicarakan, “ kata Ir. John Sianipar, M.Eng.

Terkait hal tersebut sebagai tugas fungsi DPRD dalam fungsi pengawasan Drs Muhaemin mengatakan “ bahwa kami mendorong kepada pemerintah daerah dan semua unsur masyarakat agar yang menempati tanah-tanah dan bangunan liar segeralah untuk bisa dibongkar secara kesadaran dan atas keinginan sendiri, karena memang tidak ada anggaran untuk kerohiman ini, disamping itu juga mengenai pompanisasi disaluran saluran itu juga menjadi kendala. Disamping itu kita juga dari daerah memberikan masukan kepada pemerintah pusat di dalam perencanaan bukan saja hal yang primer tetapi kita ingin mengajak dan menganggarkan terhadap perencanaan pembangunan tersiernya “ (Gunari Somaatmadja. MP)

Komisi D DPRD Kabupaten Indramayu melakukan rapat komisi yang diadakan di Ruang Komisi D. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi D, Drs. H. Muhaemin, dan dihadiri oleh para anggota Komisi D, Sandi Jaya Pasha, Junaedi, Abdul Rohman, Cuengsih, Karsiwan, serta Taufik Hadi Sutrisno. Dalam Rapat Komisi D tersebut, mengangkat pembahasan tentang LKPJ dan tentang 2 Raperda, Zakat, Infak, Sedekah dan Penanggulangan Bencana Daerah.

INDRAMAYU (MP). Bertempat di Kecamatan Cikedung dan Kertasmaya (23- 24/08/2018), Komisi IV DPRD Indramayu menyelenggarakan acara sosialisasi Raperda dan Perda Tahun Anggaran 2018.

Hadir dalam acara sosialisasi itu Camat di Kecamatan Cikedung dan Camat di Kecamatan Kertasmaya, Seluruh Anggota Komisi IV antara lain Turah, Ruswa, Wardah, Margani, Cuengsih, Abdul Rohman, M Solihin, Taufik Hadi Sutrisno, Casmuni serta dari berbagai elemen masyakarat khususnya para Kuwu sekecamatan. Mereka semua antusias mengikuti acara sosialisasi sampai dipenghujung acara.

Ketua Komisi IV DPRD Indramayu, H Drs Muhaemin, mengatakan sosialisasi tatap muka secara langsung pada masyarakat merupakan media efektif dalam memberikan informasi. “Informasi yang kami sampaikan terkait Raperda dan Perda Tahun Anggaran 2018 baik yang sudah dibahas atau yang belum dibahas. Semuanya ada 14 Perda dan Raperda yang sudah dan sedang di bahas di Bapemperda, dimana ini juga sebagai salah satu fungsi legislatif dari tiga fungsi yaitu Anggaran, Pengawasan dan Legislasi “ ujarnya.

Ada Perda yang Pokok dan harus diketahui masyarakat ungkap Anggota Komisi IV H. Abdul Rohman, SE MM yaitu Perda mengenai APBD “ Dimana perda tersebut bukan rahasia tetapi perda tersebut wajib dan pokok untuk diketahui masyarakat, kami salut dengan apa yang dilakukan di desa dimana APBDes di pampang di depan Kantor Desa “ Ungkapnya

Sosialisasi yang langsung menyentuh pada masyarakat, lanjut Muhaemin, juga dapat lebih meningkatkan dan menjalin hubungan yang baik antara masyarakat dan anggota DPRD Indramayu. Termasuk dapat memberikan pokok-pokok pikiran anggota DPRD pada masyarakat dan sebaliknya.

Peserta sosialisasi mengaku sangat mengapresiasikan atas adanya kegiatan sosialisasi RAPERDA dan PERDA ini karena anggota DPRD kab Indramayu datang langsung untuk mensosialisasikannya.

Pada kesempatan inipun masyarakat dan anggota DPRD saling bertukar pikiran dan Banyak masukan dari masyarakat yang dapat menjadi catatan positif sehingga dapat jadi bahan ketika pembahasan raperda nanti .(Gunari Somaatmadja)

Bertempat diruang komisi B  dewan perwakilan rakyat daerah  atau DPRD Kab. Indramayu  belum lama ini  komisi B DPRD Indramayu menggelar rapat kerja dalam rangka menyikapi LKPJ Bupati  dan 3 Raperda. Rapat kerja ini di pimpin oleh ketua komisi B,  M. Ali akbar  yang didampingi oleh wakil ketua komisi B, H. Ruyanto dan  Sekretaris komisi B  Warli, SE  serta dihadiri oleh seluruh anggota komisi B DPRD Kabupaten Indramayu.

INDRAMAYU (MP) Komisi IV DPRD melaksanakan rapat kerja (RAKER) bersama Dinas PUPR Kabupaten Indramayu (1/08/2018) dengan agenda pembahasan program kegiatan tahun 2018 yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV Drs. H. Muhaemin yang di hadiri oleh seluruh anggota komisi IV antara lain Ruswa MPDI, Margani, Hj Cuengsih, Wardah, Turah, H Casmuni, H Abdul Rohman SE, M Sholihin S.Sos, Warim AMD,Taufik Hadi Sutrisno dan juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Omarsyah beserta sekretaris PUPR dan Kabid-kabidnya.

Ketua Komisi IV Drs. H . Muhaemin memintakan Dinas PUPR agar memperhatikan pemerataan pembangunan infrastruktur diseluruh wilayah dan kwalitas dari hasil pekerjaan serta membangun yang baru bukan fokus ke perbaikan sehingga rakyat bisa menikmati hasil pembangunan ini demi kesejahteraan bersama saat membuka rapat kerja ini. Acara di mulai dengan laporan hasil pekerjaan pada setiap Kabid di dinas PUPR yang diawali oleh bidang Tata Bangunan dan di susul oleh bidang jembatan, pengairan, PSDA, Perumahan dan bidang jalan.

Dilanjutkan keesokan harinya selama dua (2) hari (2-3/08/2018) dengan melaksanakan kunjungan lapangan (KUNLAP) antara Komisi IV DPRD bersama Dinas PUPR ke beberapa Lokasi antara lain ke Sport Center Indramayu, “ Dinas PUPR agar bisa bersinergi dengan Dinas terkait agar dapat pembangunan ini bermanfaat, sebelum Sport Center ini diserahkan ke Dinas PORA “ ujar Anggota Komisi IV H Abdul Rohman, SE. MM dilanjutkan kunjungan apangan ke Jalan Bukit Barisan dan pengecoran jalan poros Mekarsari Kecamatan Tukdana serta ke Kecamatan Gabus Wetan mengenai pembagian air pengairan persawahan. Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Indramayu berharap Dinas PUPR dapat mencarikan solusi agar masalah tersebut dapat di atasi, juga menghimbau kepada DPUPR agar lebih memprioritaskan pembangunan yang sifatnya mendesak serta tepat sasaran.(TIM Media Parlemen)

Komisi