INDRAMAYU (MP) Komisi IV DPRD Kabupaten Indramayu menggelar rapat hearing dengan Fakultas Hukum Universitas Wiralodra Indramayu. Rapat yang dipimpin Ketua Komisi IV, M. Alam Sukmajaya, ST.MM dihadiri sekretaris Komisi IV, Abdul Rojak dan anggota Komisi IV, Bhisma Panji D, S.Si, Apt, Sandi Jaya Pasha dan Imron Rosyadi turut hadir Wakil Ketua DPRD Indramayu, H. Sirojudin, SP.

Dalam sambutannya, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Indramayu, M. Alam Sukmajaya, ST.MM, mengatakan DPRD Indramayu pada Masa Persidangan II Tahun Anggaran 2021 sedang menyusun Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) Kabupaten Indramayu tentang “Penyelenggaraan Sistem Drainase” atas prakarsa / inisiatif Komisi IV DPRD Indramayu.

“Komisi IV ingin mendapatkan informasi dalam rangka penyusunan Naskah Akademik, Permen PU No 12 Tahun 2014 sebagai dasar hukum raperda menyakup drainase perkotaan dan desa untuk diakomodir. Drainase sudah beralih fungsi ke pemukiman” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H. Sirojudin, SP, menyampaikan pembuatan Raperda hendaknya memperhatikan isi raperdanya.

“Wilayah Indramayu terkait drainase masih banyak kendala karena masih banyak genangan air dan meyebabkan banjir, drainase di Kabupaten Indramayu harus sudah di revisi lagi dan sangat membutuhkan anggaran yang cukup besar, untuk detailnya harus difokuskan diwilayah Kabupaten Indramayu Kota” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Dekan Fakultas Unwir menjelaskan kendala yang ada diantaranya drainase yang beralih fungsi dan properti yang tumbuh kembang dalam perekonomian berdampak pada lingkungan dalam hal drainase. Monitoring dari sistem, pengelolaannya dan subjek hukum yang menjaganya, UU Lingkungan Hidup mempunyai asas berkelanjutan  dan UU Tata Ruang diimplementasikan dalam Perda RTRW Kabupaten Indramayu. Pelaksanaan dan perijinan daripada hukum dan orang pribadi serta pelarangannya, sehingga ada sangsi pidana terhadap pelanggaran sebuah norma. Fakultas Hukum Unwir akan mengkaji lebih dalam mengenai penyelenggaraan sistem drainase tersebut serta penyusunan Naskah Akademik dan Raperdanya. (Tim.MP)


Komisi