Komisi III DPRD Indramayu Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Sragen Jawa Tengah. Komisi III yang di pimpin oleh M. Alam Sukmajaya, ST.MM dan Wakil Ketua DPRD Indramayu, H. Kasan Basari, SH di terima langsung oleh Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemkab Sragen, Suharti.

Pada sharing pendapat yang berlangsung di ruang pertemuan Pemkab Sragen tersebut, Wakil Ketua DPRD Indramayu, H. Kasan Basari, SH, menjelaskan, tujuan kedatangan ini untuk belajar dan sharing pendapat tentang Pelayanan Publik One Top Service (service) bidang berbasis On Line serta membahas tentang pendapatan daerah.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Indramayu, M. Alam Sukmajaya, ST, MM, mengungkapkan, Pemkab Indramayu merasa perlu mencari banyak referensi tentang pelayanan publik, terutama dalam hal perizinan dengan optimalisasi IT.

Dipilihnya Kabupaten Sragen sebagai rujukan ini tidak lepas dari rekomendasi Mendagri dan Menpan yang mengakui pelayanan publik di Sragen sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. “Dalam rangka memulai pemerintahan yang baru dan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat, Mendagri merekomendasikan untuk belajar ke Kabupaten Sragen”. Jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris DPMPTSP Pemkab. Sragen, Suharti, menjelaskan, "Pemerintah Kabupaten Sragen telah berusaha untuk menyelenggarakan pelayanan publik seoptimal mungkin, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Khususnya pelayanan publik di bidang perizinan, Pemerintah Kabupaten Sragen telah membentuk lembaga pelayanan perizinan melalui berbagai tahapan Keberadaan UPT, yang kemudian berubah menjadi Kantor Pelayanan Terpadu (KPT), Badan Pelayanan Terpadu (BPT), Badan Perzinan Terpadu (BPT), Badan Perzinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) dan yang terakhir Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) adalah untuk memberikan kemudahan pelayanan di bidang perizinan dengan prinsip dapat dipercaya, mudah, murah, cepat dan transparan melalui satu pintu (one stop Artinya, segala urusan yang berkaitan dengan ijin–ijin yang semula tersebar di beberapa satuan kerja dapat diselesaikan di DPMPTSP yang memberikan informasi kepada masyarakat secara jelas tentang target waktu yang pasti, prosedur jelas dan biaya yang transparan.

Lebih lanjut di jelaskan Sekretaris DPMPTSP "Pemerintah Kabupaten Sragen membuat inovasi dalam sistem perizinan. dengan meluncurkan Sistem Perizinan Online Sragen yang disebut Si-Pioner. Karena masyarakat membutuhkan sistem yang serba mudah dan canggih di era teknologi maju seperti sekarang, Selain karena kebutuhan masyarakat dan mengikuti perkembangan teknologi, Si-Pioner ini sesuai dengan motto Pemkab Sragen yaitu mudah dan cepat" katanya.