INDRAMAYU (MP) DPRD Kabupaten Indramayu menerima kunjungan kerja Komisi D DPRD Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah, selasa (29/01/19). Kunjungan kerja tersebut diterima langsung Ketua Bapemperda DPRD Indramayu H.Dalam, SH.KN di ruang sidang utama gedung DPRD Kab. Indramayu. Turut hadir bagian Kesra, KPA serta Dinas Kesehatan Pemkab Indramayu.

Dalam sambutannya Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Banyumas, Mustofa, S.Ag mengungkapkan, selaku pimpinan rombongan dirinya mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh pihak DPRD indramayu. Tujuan kunjungan tersebut ungkapnya, yakni untuk bertukar pikiran dan berbagi informasi khususnya mengenai pencegahan dan penanganan HIV/AIDS. “Kami ingin bertukar pikiran untuk mengambil langkah langkah dan strategi yang dapat dikembangkan dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS di kota kami,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bapemperda DPRD Kabupetan Indramayu, H. Dalam SH.KN, menyampaikan Kabupaten Indramayu sudah memiliki Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 08 tahun 2009 tentang pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di kabupaten indramayu. “bahwa upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS merupakan aspek penting dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkwalitas serta Kabupaten Indramayu merupakan salah satu daerah yang rawan dengan peningkatan kasus HIV dan AIDS di Indonesia sehingga perlu diambil langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan secara melembaga, sistematis, komprehensif, partisipatif dan berkesinambungan” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut KPA Indramayu juga menjelaskan, terkait pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Indramayu ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu penjangkauan dan pendampingan pada kelompok berperilaku resiko tinggi, pendampingan dan dukungan pada ODHA, pemetaan titik hot spot kelompok populasi kunci, pertemuan dan koordinasi, pelatihan HIV/AIDS dan Support Group, penguatan kelembagaan LSM peduli AIDS, Worshop dan Sosialisasi, kegiatan dialog interaktif dan spot iklan himbauan layanan masyarakat upaya penanggulangan HIV/AIDS, dan kegiatan pendukung lainnya. (Tim.MP)


Komisi