Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Muaro Jambi Prov. Jambi melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kab. Indramayu Prov. Jawa Barat, terkait pembahasan tata cara pemberhentian sementara terhadap pembayaran hak dan keuangan Anggota DPRD dan tata cara penyusunan standar biaya perjalanan dinas.

Kunjungan kerja lembaga legislatif dari tetangga prov. Jabar ini dipimpin Ketua DPRD Muaro Jambi, Salma Mahir, SE, yang didampingi oleh sejumlah Anggota DPRD lainnya dan dari unsur sekretariat dewan Muaro Jambi. Sedangkan dari pihak DPRD Kab. Indramayu Jabar yang menerima kunjungan kerja ini, Ketua Komisi III, M. Alam Sukmajaya, ST.MM, yang didampingi diantaranya, Yayah Juhriyah, Hj. Kursiah, H. Dalam, SH.KN, Ir. Didi Mujahiri, Subada dan Sirojudin, SP. Adapun dari unsur sekretariat dewan diantaranya yakni, Kabag Angwas, Iman Hadirohman dan Kasubag Rasito.

Dalam kunjungan kerja Legislatif dari Muaro Jambi inipun terungkap bahwa kedua lembaga legislatif ini masih mencari dasar hukum terkait tata cara pemberhentian sementara terhadap pembayaran hak dan keuangan Anggota DPRD bagi anggota yang tersangkut persoalan hukum atau yang sedang menjalani proses hukum. Sedangkan tentang proses pengganti antar waktu (PAW) terhadap anggota dewan, dasar hukumnya sudah ada dan belum lama inipun DPRD Kab. Indramayu telah melaksanakan rapat paripurna istimewa tentang PAW Junedi ke Subada.

Selain itu dalam kunjungan kerja yang penuh dengan keakraban ini disampaikan pula tentang tata cara penyusunan standar biaya perjalanan dinas bagi anggota dan pimpinan DPRD yang sesuai ketentuan berlaku, termasuk standar biaya perjalanan dinas bagi jajaran sekretariat dewan selaku pendamping dan peliput kegiatan kunjungan kerja anggota legislatif. Menurut M. Alam Sukmajaya, ST.MM, merupakan suatu kehormatan tersendiri karena pimpinan dan anggota DPRD Muaro Jambi berkunjung ke DPRD Indramayu. Sehingga kedepannya pun diharapkan bisa selalu terjalin komunikasi terkait tata cara penggunaan keuangan legislatif. “kunjungan kerja legislatif Muaro Jambi ke Indramayu ini merupakan ajang pertemuan wakil rakyat agar kedepannya bisa saling sharing terkait pengelolaan keuangan lembaga legislatif”. Ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Muaro Jambi, Salma Mahir, SE, mengatakan kunjungan kerja ke DPRD Indramayu tersebut sudah direncanakan jauh-jauh hari, salah satu dasar pilihan dalam kunjungan ini karena pihak legislatif yang berlokasi di wilayah pantura Jawa Barat ini sudah melakukan PAW anggota legislatifnya.