Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan reses adalah untuk memperoleh masukan-masukan serta untuk menyerap dan atau menjaring aspirasi masyarakat/konstituennya di masing-masing daerah pemilihan (Dapil), untuk selanjutnya diteruskan kepada pihak eksekutif untuk ditindaklanjuti sebagai bahan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

Hasil kegiatan reses anggota DPRD akan dituangkan dalam bentuk POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD dan diserahkan langsung kepada Bupati melalui Bappeda sebagai bahan masukan awal penyusunan RKPD.

Pokok-pokok Pikiran DPRD meliputi seluruh bidang pembangunan dan urusan kewenangan pemerintah daerah, permasalahan yang berkembang di masyarakat saat ini, hasil pelaksanaan reses DPRD, hasil aspirasi masyarakat berdasarkan audiensi, hasil aspirasi berdasarkan demonstrasi komponen masyarakat, hasil-hasil studi banding DPRD.

Ketua Komisi IV dari Fraksi Partai Golkar DPRD Kab Indramayu Drs H Muhaemin mengatakan kegiatan reses perlu dilakukan guna mendengarkan secara langsung aspirasi yang ada di masyarakat. Sehingga nantinya bisa diambil sebuah keputusan yang terbaik.

"Kalau tidak, bagaimana kita bisa ke tempat konstituen untuk menampung aspirasi? Dalam masa reses, satu hari bisa pergi ke beberapa tempat," katanya.

Muhaemin juga menambahkan dalam reses ini juga sangat penting agar konstituen tidak merasa bahwa anggota dewan yang terpilih tidak sampai (diibaratkan) kacang lupa kulit.

Pada saat reses kali ini yang bertempat di blok Pule Gunungsari Sukagumiwang, masyarakat menginginkan agar jalan diperbaiki dan hal tersebut di amini oleh Muhaemin bahwa tidak lama lagi jalan jalan tersebut akan di Hot Mix dan jalan utama akan di cor, sedang anak muda setempat meminta sarana olah raga berupa meja tenis meja.

Diakhir acara reses Drs H Muhaemin menyerahkan sebuah televisi untuk digunakan di balai desa setempat.