Pansus VI DPRD Indramayu Dan Bina Marga Jabar Bahas Penanganan Peningkatan Kapasitas Jalan Jatibarang – Pekandangan

Panitia Khusus VI DPRD Indramayu melakukan rapat Konsultasi dengan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Konsultasi Panitia Khusus VI DPRD Indramayu ke Dinas Bima Marga Provinsi Jawa Barat dipimpin Wakil Ketua DPRD Indramayu, Turah didampingi Ketua Pansus VI DPRD Indramayu, M. Alam Sukma Jaya, ST.MM dan Wakil Ketua Pansus VI, Nico Antonio, ST. Turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Indramayu, Aep Surahman dan Anggota Panitia khusus VI DPRD Kabupaten Indramayu.

Kedatangan Rombongan Panitia Khusus VI DPRD Kabupaten Indramayu diterima langsung oleh Bambang, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat beserta Jajaran di ruang rapat Gedung Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Khusus DPRD Kabupaten Indramayu, M. Alam Sukajaya, ST.MM mengungkapkan tujuan Panitia Khusus DPRD Kabupaten Indramayu berkonsultasi ke Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat ingin membahas tentang pelaksanaan program kegiatan dibidang jalan, baik sumber dananya yang berasal dari APBD maupun bantuan pemerintahan yang kebih tinggi serta hal-hal lain yang dianggap perlu.

“Panitia Khusus VI ingin meminta informasi tentang sejauh mana tidak lanjut opsi penanganan peningkatan kapasitas jalan Jatibarang – Pekandangan dengan penyesuaian jalur lebar jalan (penyesuaian bentang jalur kereta api hulu) ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Bambang, menjelaskan Jatibarang merupakan suatu komitmen Pemerintah Jawa Barat dab mengambil sebuah gagasan untuk merealisasikan pembangunan konstuksi jalan di wilayah Jatibarang. Di jawa barat secara totalitas ada 41 perlintasan kereta api dengan jalan provinsi.

“Sebenar nya bahwa Pemerintah Provinsi sejak Tahun 2018 lalu, sudah berkomitmen ingin membangun underpass namun kendala yang ada underpass itu tidak bisa di eksekusi di Tahun 2018, dengan dinamika situasi yang ada di tahun 2019 juga terkendala perihal Covid-19 dsb. Mengenai anggaran sudah tersedia” jelasnya.

Namun pada tahun 2021 ada sebuah gagasan dari Kementrian Perhubungan bahwa akan dilebarkan dan tentang biaya anggaran pembangunan dari Kementrian Perhubungan. Dinas Bina marga berjanji di Tahun 2023 akan mendorong pelaksanan pembangunan kontruksi jalan Jatibarang. “Penanganan peningkatan kapasitas jalan Jatibarang – Pekandangan dengan penyesuaian jalur lebar jalan harus sudah bisa di realisasikan” jelas Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Bambang. (Tim.MP).