Rapat Kerja Komisi 2 dengan Keluarga Trah, Ketua Komisi 2 : Kami akan Cek Langsung Jumlah Pusaka Wiralodra yang Dipinjam Pemda Indramayu

DPRD Indramayu melalui Komisi 2, mengundang langsung Keluarga Trah Wiralodra dalam Rapat Kerja sebagai tindak lanjut Rapat Audiensi yang dilakukan oleh Ketua DPRD dengan Keluarga Trah .Wiralodra perihal masalah pinjam meminjam senjata pusaka milik leluhur Kabupaten Indramayu tersebut oleh pemerintah daerah yang dipersoalkan pihak keluarga Trah Wiralodra.

Dalam hal ini, keluarga Trah Wiralodra diketahui menginginkan agar keberadaan senjata pusaka yang dipinjam pemerintah daerah tersebut bisa diketahui juga keberadaannya oleh pihak keluarga.

“Tindak lanjutnya, nanti kita akan cek dahulu barangnya,” ujar Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Indramayu, Jumat (11/11/2022).

Lanjut Ali Akbar, DPRD pun saat ini masih menunggu kesiapan dari Juru Pelihara (Jupel) untuk memfasilitasi waktu pengecekan tersebut.

Hal ini untuk memastikan berapa jumlah senjata pusaka yang dipinjam oleh pemerintah daerah. Dari hasil audiensi tersebut, diketahui diambil kesimpulan, jumlah pusaka yang dipinjam pemerintah daerah ditentukan berdasarkan perjanjian awal. Yakni, ada sebanyak 26 item dengan unit sebanyak 31 unit.

“Kita sih meminta pengecekan hari Rabu, cuma karena jupel dalam kondisi kurang sehat sehingga nanti kita masih menunggu waktu kesiapan dari jupel,” ujar dia.

Masih disampaikan Ali Akbar, terkait peminjaman senjata pusaka itu, Trah Wiralodra tidak bermaksud ingin pusaka itu dikembalikan kepada pihak keluarga.

Melainkan, Trah Wiralodra mempersilahkan pusaka tersebut tetap dipinjam oleh pemerintah daerah. Dengan catatan, keluarga Trah Wiralodra mengetahui perihal keberadaan pusaka milik leluhur mereka tersebut.

Rencananya, Anggi Noviah Selaku Ketua Komisi 2, setelah dilakukan pengecekan jumlah senjata pusaka yang dipinjam selesai, nantinya akan dibuat surat perjanjian peminjaman baru agar polemik senjata pusaka ini tidak kembali terjadi.

“Jika sudah dicek, dari Trah Wiralodra dipersilahkan dipinjam lagi oleh Pemda Indramayu dengan membuat surat perjanjian baru,” ujar Anggi. (Tim. MP).