Kunjungan Lapangan Komisi IV Ke Desa Kertanegara, Tinjau Pelaksanaan Kawasan Desa Digital

Kunjungan Komisi IV Ke Desa Kertanegara Haurgeulis

INDRAMAYU (MP) Komisi IV DPRD Indramayu Kabupaten Indramayu, melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Kertanegara Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dalam rangka monitoring dan memotret secara langsung pelaksanaan Program Kawasan Desa Digital.

Rombongan Komisi IV DPRD Indramayu dipimpin Ketua Komisi IV, M.Alam Sukmajaya, ST.MM beserta Anggota Komisi IV Antara Siti Juanah (Fraksi Partai Golkar), H. Estim Enting (Fraksi PDIP), Bisma Panji Dewantara (PKS), Ali Akbar (Fraksi Partai Gerindra) dan Imron Rosadi (Fraksi PKB). Turut hadir mendampingi Kunjungan Komisi IV DPRD Indramayu ke Desa Kertanegara, Kepala Diskominfo Indramayu, Aan Hendrajana, Camat Haurgeulis, Dulyono, Kuwu Kertanegara, H. Mulyono dan Kadis DPMD Indramayu diwakili oleh Kadmid.

Ketua Komisi IV DPRD Indramayu, M. Alam Sukmajaya. ST.MM, mengatakan, tujuan kunjungan Komisi IV ke Desa Kertanegara merupakan kelanjutan dari hasil rapat kerja Komisi IV yang diantaranya akan melihat langsung pelaksanaan Program Kawasan Desa Digital di Desa induk yaitu Desa Kertanegara Kecamatan Haurgeulis.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana, menjelaskan, di Kabupaten Indramayu terdapat 4 kawasan Desa Digital yaitu di Kecamatan Haurgeulis, Anjatan, Jatibarang dan Kecamatan Kedokan Bunder.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu, Aan pun mengunkapkan manfaat dari Program Kawasan Desa Digital yaitu untuk pengembangan BUMDES, pengembangan IT Pemerintahan Desa dan pengembangan UMKM dalam mempromosikan hasil usahanya. Juga memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses internet dan untuk mendapatkan informasi.

“Untuk aset dari program kawasan Desa digital itu sendiri sementara masih dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan nantinya akan diserahterimakan kepada Pemerintah Desa” ujarnya. Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Kadmidi, mengatakan, dengan pengembangan digitalisasi desa diharapkan penyelenggaran administarsi Pemerintahan Desa yang berkaitan dengan pelayanan digitalisasi bisa dilaksanakan dengan baik dan bisa mendorong pengembangan usaha masyarakat. Selain itu dengan dukungan ketersedian perangkat disetiap Desa maka akan mudah terwujudnya Desa Digital. (Tim.MP).