Kunjungan Lapangan Komisi III Ke Perumdam Tirta Dharma Ayu Cabang Pelayanan Juntinyuat

Komisi III Bersama Perumdam Tirta Dharma Ayu Cabang Pelayanan Juntinyuat

INDRAMAYU (MP) – Komisi III DPRD Indramayu Kabupaten Indramayu, melaksanakan kunjungan lapangan ke Perumdam Tirta Dharma Ayu Cabang Pelayanan Juntinyuat 25 Januari 2022.

Rombongan Komisi III DPRD Indramayu yang dipimpin Ketua Komisi III, Ibnu Rismansyah disambut langsung oleh Direktur Utama Perumdam Tirta Dharma Ayu Dr. Ir. H. Ady Setiawan, SH., MH., MT., di ruangan terbuka Perumdam Tirta Dharma Ayu Cabang Pelayanan Juntinyuat.

Dalam sambutannya, Ketua Komisi III DPRD Indramayu Ibnu Rismansyah menjelaskan bahwa maksud kedatangannya adalah melaksanakan tugas penting untuk monitoring sumber-sumber pendapatan asli daerah, salah satunya Perumdam Tirta Dharma Ayu.    

Ketua Komisi III DPRD Indramayu melanjutkan dalam penjelasannya bahwa Perumdam Tirta Dharma Ayu memegang peranan penting dalam hajat hidup masyarakat Indramayu yaitu meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan sebagai pendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk itu, Perumdam Tirta Dharma Ayu harus mampu menjalankan tata kelola Perusahaan yang baik seperti optimalisasi Sumber Daya, Pelestarian Lingkungan, dan Daya Pelayanan yang menyeluruh.

Sementara itu, sekretaris komisi III DPRD Indramayu A. Fathoni menyoroti bahwa dalam tata kelola Perumdam Tirta Dharma Ayu sejauh ini ada beberapa pelayanan di titik-titik tertentu masih terkendala suplai air yang bersifat real time 24 jam, sedangkan masyarakat tetap diberikan kewajiban untuk dapat membayar secara penuh dalam setiap bulannya.     

Lebih lanjut, Anggota Komisi III DPRD Indramayu H. Casmuni menambahkan bahwa mekanisme pada surat teguran yang dilayangkan kepada masyarakat hendaknya lebih diperinci untuk detil pada setiap pemakaian air perbulannya, sehingga didapatkan data yang valid dan jelas.

Menanggapi hal tersebut di atas, Dirut Perumdam Tirta Dharma Ayu, Dr. Ir. H. Ady Setiawan, SH., MH., MT., menjelaskan bahwa secara umum Perumdam Tirta Dharma Ayu sudah melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan produktivitas, baik dari kualitas produksi, sistem informasi pencatatan meter pelanggan maupun proses distribusinya. Pada cabang pelayanan Juntinyuat contohnya, diterapkannya sistem penjadwalan distribusi pada titik-titik susah air dan dengan menggunakan metode penampungan air (tandon). Sehingga dengan sistem tandon ini diharapkan akan terpenuhi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap air bersih setiap saat.

Dirut Perumdam Tirta Dharma Ayu, Dr. Ir. H. Ady Setiawan, SH., MH., MT., menambahkan bahwa pihaknya akan menyiapkan sistem informasi terupdate perihal pelayanan dan pengaduan publik yang dapat diakses secara real time oleh masyarakat Indramayu. Sehingga akan memperoleh akurasi data yang valid dan optimal. (Tim. MP).