INDRAMAYU (MP) - Ketua DPRD, H. Syaefudin, beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Indramayu hadiri rapat Koordinasi dengan Pt.Pertamina yang diadakan oleh Bupati Indramayu, terkait meledaknya salah satu Fasilitas Kilang Minyak RU VI Balongan, Rabu (31/03/2021). Bencana yang mengejutkan hampir seluruh Indonesia ini memang sangat berdampak bagi masyarakat Indramayu, terutama masyarakat Kecamatan Balongan.

Wakil Ketua DPRD, H. Sirojudin, yang hadir pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pihak Pertamina harus segera memberikan kebijakan bagi seluruh Masyarakat yang berdampak secara merata, terutama pemulihan trauma yang dialami masyarakat sesegera mungkin. Sirojudin pun menganggap kejadian ini sangat disayangkan karena Pertamina menurutnya sudah menjadi salah satu ikon yang ada di Indramayu, dan sebagai salah satu pengangkat ekonomi Kabupaten Indramayu.

“Saya sangat salut penanganan Pertamina terhadap bencana ini, tapi saya berharap kebijakan bantuan atau ganti rugi ditetapkan secepatnya sebelum banyak oknum-oknum yang memanfaatkan kejadian ini, kemudian pemulihan batin dan kondisi sikis para korban juga perlu dilakukan guna menghilangkan trauma dari kejadian ini. mau bagaimanapun Pertamina Balongan ini sudah menjadi salah satu ikon yang ada di Kabupaten Indramayu, pengangkat ekonomi Kabupaten juga terlebih masyarakat yang tinggal disekitarnya.” Ucap Sirojudin.

Syaefudin dalam rapat tersebut mengatakan perlu dibentuk Tim Khusus dari Pemerintah Daerah, Pertamina, dan Forkopimda, dan mengharpkan masyarakat jangan mudah tersulut oleh kabar berita yang belum jelas sumbernya, karena menurutnya pihak Pertamina sudah berkordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Forkopimda sebaik dan semaksimal mungkin dalam penanganan korban terdampak.

“ setelah banyak usulah yang disampaikan tadi, saya anggap perlu ada tim khusus yang dibuat oleh seluruh jajaran Forkopimda dan Pemda yang nanti bekerja sama dengan pihak Pertamina untuk memperbaiki semua ini kembali seperti semula.saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terpancing dan tersulut oleh kabar berita yang belum jelas sumbernya, Saya rasa penanganan Pertamina dan Pemerintah Daerah ini sudah sangat baik dan termasuk cepat dan tanggap”. Ucap Syaefudin.

Dirinya juga menambahkan bahwa sangat mengapresiasi tindakan Pemerintah Daerah yang sudah mau membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat yang menjadi korban bencana ini, menurut Syaefudin ini mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa Pendopo merupakan milik masyarakat. Dan berharap bahwa kejadian seperti ini akan menjadi yang terakhir kalinya.

“Saya sangat mengapresiasi sekali tindakan yang dilakukan Ibu Bupati Indramayu, Nina Agustina, yang sudah membuka pintu Pendopo Indramayu selebar mungkin bagi Para Korban bencana sebagai posko pengungsian sementara, ini menjadi simbol dan pengingat bagi kita semua bahwa pendopo Indramayu memang milik masyarakat Indramayu. Saya juga berharap kejadian ini tidak akan terulang kembali kedepannya.” Sambung Syaefudin. TIM MP