INDRAMAYU MP - Kunjungan Kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang terkait pengelolaan Keuangan Desa untuk penyertaan modal Badan Usaha milik Desa (Bumdes), Diterima langsung oleh Pimpinan dan anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Indramayu, Senin (24/05/2021).

Terkait pembahasan tersebut, Komisi 1 DPRD Indramayu mengundang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) yang kali ini diwakilkan oleh Sekretarisnya, Karmidi.

Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Magelang, Mashari menanyakan terkait pengelolaan Bumdes yang ada di Indramayu, beliau menganggap Desa yang berpotensi di Indramayu terbilang cukup banyak.

Karmidi mengatakan bahwa dari 309 Desa di Indramayu sudah memiliki Bumdesnya masing-masing. Capaian tersebut dapat dimulai pada tahun 2011 hingga 2016, meskipun diakui oleh karmidi belum semua Bumdes belum semuanya beroperasi secara maksimal dan masih harus berkaca dengan Kabupaten lainnya.

“ Indramayu dari 309 Desa sudah semua memiliki Bumdes yang mana capaian tersebut kita mulai pada Tahun 2011 hingga 2016, meskipun begitu kami harus banyak belajar kepada Kabupaten lain terutama Kabupaten yang ada di Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Karena pada intinya meskipun seluruh Desa sudah memiliki Bumdes, belum semua dapat di optimalkan Bumdes tersebut” Ujar Karmidi.

Pimpinan Komisi 1 DPRD Indramayu, Lyana Listia Dewi mengatakan anggotanya akan selalu berupaya memaksimalkan Bumdes demi kemajuan seluruh Desa di Indramayu. Dan berharap dengan adanya kunjungan ini, baik Indramayu dan Kabupaten Magelang dapat bertukar pikiran guna memajukan Bumdes di daerahnya masing-masing.

“Komisi 1 DPRD Indramayu selalu berupaya untuk dapat memaksimalkan Bumdes ini, karena dari kesuksesan Bumdes kita juga dapat mengukur tingkat Sumber Daya Manusia yang ada di Indramayu. Sehingga harapannya dengan adanya kunjungan dari DPRD Kabupaten Magelang ini, kita dapat bertukar pikiran demi memajukan Masyarakat Desa masing-masing daerah.” Kata Lyana. TIM MP