INDRAMAYU MP - Komisi II DPRD kabupaten indramayu melakukan kunjungan lapangan ke Puskesmas Kecamatan Balongan, Kecamatan Sindang dan Cidempet sebagai fungsi legislatif perihal pengawasan dan melihat secara langsung kesiapan kinerja mitra kerja demikian juga dilanjutkan ke Puskesmas Cemara Kec Losarang, Puskesmas Kecamatan Cikedung, Kecamatan Terisi dan Kroya.

Rombongan Komisi II dipimpin Ketua Komisi II Dalam SH.,KN didampingi Wakil Ketua dan Sekretaris Komisi II , Anggi Noviah, SIPol dan Drs. H. Haryono, MSi juga anggota Komisi II, Hj Kursiah,Dullah, Drs. H. Eddy M. MM, Hj Siti Aminah, Wardah, Taryadi, Ruyanto serta dari Dinas Kesehatan Indramayu dr Wawan. Menurut Ketua Komisi II DALAM.SH.,KN “  kunjungan lapangan ini untuk mengetahui pelaksaanaan penanganan Vaksinasi Covid 19 karena puskesmas sebagai garda terdepan penangulangan penularan yang ada di Kabupaten Indramayu juga ke khawatiran Komisi II mengenai pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mungkin agak kurang fokus karena akhir akhir ini semua jajaran Kesehatan juga Puskesmas konsentrasi penuh kepada penanggulangan Covid 19 “.

Dari Kunjungan Lapangan Komisi II dari bulan Maret hingga April 2021 tersebut menyimpulkan mengenai Penanganan Vaksinasi Covid 19 untuk Nakes, Pelayanan Publik dan Lansia di Puskesmas tertangani dengan baik, dan Vaksin sudah tersalurkan bahkan masih kekurangan Vaksinasi, menurut dr Wawan Dinas Kesehatan akan segera memenuhi itu setelah mendapatkan supply vaksin dari Provinsi dan Pusat.



Sedangkan kendala vaksinasi di pelosok berbeda dengan di kota hambatannya yaitu para lansia beralasan tidak bisa datang karena tidak ada yang antar, sehingga minta di jemput dan pulangnya minta diantar bahkan ada yang meminta uang sangu.

Komisi II juga melakukan Kunlap ke Puskesmas Sliyeg, Bangodua, Tukdana dan Widasari. Dibeberapa Puskesmas disana bahkan Balai Desa membantu agar pelaksanaan Vaksinasi bagi lansia berjalan lancar, turut membagikan mie instan untuk di bawa pulang setelah Lansia yang telah melaksanakan Vaksinasi.

Sedangkan mengenai Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat di Puskesmas Memang diakui agak terhambat karena terbagi dengan penanganan penanggulangan penularan virus covid 19, tetapi semua itu dapat teratasi dengan Kerjasama antara Bidan Desa dan aparat serta masyarakat desa setempat. TIM MP


Komisi