INDRAMAYU (MP)- Komisi 4 DPRD Kabupaten Indramayu melakukan kunjungan Koordinasi ke  Pemerintahan Kota Tegal dan ke DPRD Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Kunjungan Koordinasi Wakil Rakyat  ini dipimpin ketua Komisi 4 , M.Alam Sukmajaya ST., MM., dan turutserta mendampingi, Wakil Ketua, Iffan Sudiawan, Sekretaris Abdul Rojak, dan seluruh anggota Komisi 4 DPRD Kabupaten Indramayu yakni Karmadi, Hj.Ina Sofatul Marwah, A.Md., Siti Nurjanah, S.Pd., H.Imron Rosadi., H.Estim Enting, H.Muhammad Ali Akbar,SP., Sandi Jaya Pasa dan Bhisma Panji Dewantara, S.Si., Apt.,  Adapun tujuan dilaksanakannya kunjungan Koordinasi tersebut diantaranya untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan barang dan jasa dikaitkan dengan sistem informasi Pemerintahan daerah atau SIPD. Termasuk mengetahui pola pengawasan kinerja aparatur pemerintahan pada sistem informasi Pemerintahan daerah.

Ketua Komisi 4, M.Alam Sukmajaya,ST., MM., mengatakan, kunjungan koordinasi inipun meminta pandangan kalangan eksekutif Kota Tegal terkait penggunaan aplikasi untuk mempermudah proses pengadaan barang dan jasa, sekaligus aplikasi ini merupakan aplikasi resmi sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri dan aplikasi inipun nantinya tidak menghambat pelaksanaan pengelolaan barang dan jasa.

Alam menambahkan, Komisi 4 DPRD Kabupaten Indramayu yang membidangi  insfratruktur, tentunya dalam pelaksanaan pembangunan harus berkaitan dengan Peraturan Kementerian Dalam Negeri nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, padahal sebelumnya pembangunan insfrastruktur di Indramayu mengacu pada Sistem Informasi Manajemen Daerah atau Simda.

“Terus terang, dengan beralihnya Sistem Informasi Manajemen Daerah atau Simda ke Sistem Informasi Pemerintahan Daerah atau SIPD, setidak-tidaknya telah merepotkan Pemerintahan Daerah atau dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Ekbang pada pelaksanaan pembangunan yang diantaranya pengelolaan barang dan jasa, dalam arti kata SKPD masih butuh waktu untuk terus menyesuaikan dengan sistem yang baru tersebut ”, kata Alam. (Selasa, 23 Maret 2021). 

Sementara itu rombongan Komisi 4 ke Pemerintahan Kota Tegal diterima oleh Asda 3, Subagyo, yang didampingi diantaranya dari Bidang Anggaran Badan Keuangan Daerah Kota Tegal, Siswoyo.  

Pada Kunjungan Koordinasi itu pun di isi dengan dialog terutama yang berkaitan dengan upaya penanganan berbagai kendala pengisian aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah atau SIPD dan upaya kemungkinan masih diperbolehkannya pelaksanaan pembangunan dengan Sistem Informasi Manajemen Daerah atau Simda.

Dari dialog itu, diketahui pula pihak Pemerintahan Kota Tegal selama ini telah menggunakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, disamping tetap mengacu pada penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah atau SIPD dan Sistem Informasi Manajemen Daerah atau Simda.  

“Kami di sini sudah lama menggunakan sistem aplikasi yang dikeluarkan pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, namun tetap mengacu pula pada SIPD”, ujar Siswoyo.

Sementara itu pada Kunjungan Koordinasi Komisi 4, ke DPRD Kabupaten Brebes, Jawa Tengah,  diterima oleh Akhmad Saekhu selaku Kepala Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat Dewan.  Pada pertemuan Kunjungan Koordinasi itu digelar pula dialog seputar penanganan kendala teknis aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah atau SIPD termasuk mekanisme penjadwalan penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD usai masa reses agar bisa selaras dengan input Bappeda dan hasil Musrenbang. (Tim MP).