Peringati Hari Amal Bhakti, Ketua DPRD Ikuti Apel HAB ke-78

Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H. Syaefudin mengikuti Apel Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama RI bertempat di lapangan Madrasah Aliyah Negeri 1 Indramayu, Rabu (03/01/2024).

Bertindak sebagai Pimpinan Apel yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Aep Surahman dengan diikuti peserta apel PNS jajaran Kementerian Agama dari unsur struktural dan fungsional serta perwakilan siswa-siswi Madrasah Diniyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah di lingkungan Kemenag Kabupaten Indramayu.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Aep Surahman membacakan sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Menag RI Yaqut Cholil Qoumas mengawali sambutannya mengatakan memasuki tahun 2024 setiap tahun baru, setiap insan Kementerian Agama memiliki makna baru. Kementerian Agama dilahirkan pada awal tahun yakni 3 januari.

Tepatnya 3 Januari 1946 artinya setiap memasuki tahun baru harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama. Spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna, pungkasnya.

HAB tentu tidak semata sebuah nama tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kepada seluruh umat beragama. Pada peringatan HAB ke-78 Kementerian Agama ini, ia mengajak semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan dalam mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama.

Melalui berbagai program reguler dan tujuh program prioritas Kemenag mesti terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan antara lain, penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, cyber islamic university, religiousity index, tahun kerukunan umat beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat.

Menurutnya hasilnya sudah mulai terlihat,  moderasi beragama sudah menjadi napas dalam setiap derap langkah insan beragama. Transformasi digital terlaksana di seluruh satuan kerja Kemenag dan lembaga-pendidikan keagamaan.

Kantor Urusan Agama (KUA) sudah bertransformasi menjadi semakin baik dalam memberikan layanan. Pesantren-pesantren mulai menapaki fase kemandirian dalam amal usaha dan ekonomi. Cyber university sudah on the track dan kerukunan umat beragama pun semakin meningkat.

Dalam Wawancara, Syaefudin mengungkapkan Harapannya kepada Kementerian Agama di Kabupaten Indramayu agar terus bersinergi dalam Pembangunan Kabupaten Indramayu tentu dalam mendidik Aqidah dan agama bagi para siswa maupun kontrol sosial di tengah Masyarakat. (Tim MP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *