Perihal Optimalisasi JPT Pratama , Komisi 1 Sambangi Kantor BKN Jabar

Galeri Foto Komisi 1

Tindak Lanjut Rapat Komisi 1 dengan BKPSDM Kabupaten Indramayu pada 8 Januari lalu, didapati informasi bahwa ada sebanyak 12 Kursi Jabatan Kepala Dinas yang kosong. Atas kondisi dan fakta ini membuat Komisi 1 melakukan Konsultasi ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional 3 Bandung, Jawa Barat. Rabu (10/01/2024).

12 Kekosongan jabatan JPT Pratama ini diisi oleh Kepala Dinas / Badan dengan status Pelaksana Tugas (Plt), antara lain ; Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Dinas Koperasi dan UKM Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, KESBANGPOL, Dinas Ketahanan Pangan, dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Indramayu.

Ketua Komisi 1, Eddy Mulyadi menyatakan kekosongan ini Dikhawatirkan akan berdampak tidak optimalnya perangkat daerah tersebut dalam melanjalankan tugas pokok dan fungsinya disamping juga pada karir ASN yang akan menata karir kedepannya, sehingga harapannya dari BKN akan mampu bersurat kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menindaklanjuti masalah kekosongan Jabatan tersebut.

“ Kekosongan Jabatan Kepala dinas awalnya hanya berjumlah 5 Jabatan JPT Pratama, tetapi hingga sekarang mengalami kenaikan yang cukup banyak. Hingga 12 Kekosongan, hal ini yang membuat kami dianggap perlu untuk berkordinasi dengan BKN Jawa Barat.” Kata Eddy.

Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kantor BKN Regional 3 Bandung Jawa Barat, Lia Rosalina mengungkapkan pada saat timnya melakukan kunjungan ke Indramayu terkait Pingisian Standar Kompetensi Pegawai (SKP).

Pihaknya akan menjadikan Konsultasi hari ini untuk dasar surat kepada BKPSDM Indramayu dan Kantor BKN Pusat (KASN) untuk segera menindaklanjuti banyaknya kekosongan Jabatan JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

“Hasil Rapat pada hari ini akan kami jadikan bahan masukan kami untuk bersurat ke KASN. Sehingga permasalahan kekosongan Jabatan ini dapat segera terselesaikan” Kata Lia. (Tim)