Badan Anggaran DPRD Kabupaten Indramayu “Intip” sektor Wisata Kabupaten Bandung Barat.

Agenda Badan Anggaran dalam membahas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran Tahun 2025, salah satunya berfokus pada kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam sektor Pariwisata. Maka dari itu Badan Anggaran DPRD Kabupaten Indramayu lakukan Sharing Pendapat dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat. Selasa (30/7/2024).

Dilihat dari struktur geografi, Bandung barat yang merupakan daerah pegunungan tidak sama dengan Indramayu yang merupakan daerah yang di kelilingi Pantai. Tetapi di sektor pariwisata pertanian dan wisata religi banyak kesamaan antara Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Bandung Barat.

Unggulnya wisata Agraria yang ada di Kabupaten Bandung Barat menjadi fokus Badan Anggaran DPRD Kabupaten Indramayu untuk mengintip apa saja yang harus dilakukan untuk dapat mengembangkan wisata Agraria (Pertanian) di Kabupaten Indramayu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat, Akhmad Panji Hernawan menuturkan bahwa KBB setidaknya memiliki 6 wisata berbasis pemandangan alam sekitar seperti, Air Terjun Malea, Taman Impian dago. Dengan melakukan promosi wisata menggunakan Brand Ambasador yakni artis dan penyanyi, Aura Kasih yang merupakan kelahiran Kabupaten Bandung Barat.

Menurut data, Panji  menuturkan ada peningkatan kunjungan wisatawan setiap tahunnya, setelah dilakukan promosi dengan tagline “Visit Bandung Barat” di tahun 2019.

Pimpinan Badan Anggaran, H. Sirojudin menuturkan banyak yang perlu dibenahi dari Pariwisata di Indramayu, salah satunya yang harus di contoh merupakan cara promosi yang dilakukan. Dirinya mengatakan dari sisi penganggaran, DPRD siap mendukung penuh dalam Upaya peningkatan wisata di Kabupaten Indramayu.

“Banyak yang kami pelajari dari Bandung Barat, salah satunya menggunakan Brand Ambasador untuk Promosi Wisata itu. Bagaimanapun caranya wisata di Indramayu harus bisa bersaing di Jawa Barat. Makannya kami dari Badan Anggaran DPRD akan siap mendorong dari sisi Anggarannya.” Kata H. Sirojudin.

Selain Itu, Anggota Badan Anggaran, Ibnu Risman Syah kagum dengan apa yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bandung Barat. Cara mereka mengemas sebuah produk wisata patut dicontoh di Kabupaten Indramayu.

“Cara Mereka mengemas budaya yang ada, dan menawarkan produk wisata berupa pemandangan alam dan sejarahnya patut di contoh di Kabupaten Indramayu agar Wisata kita mampu bersaing di Jawa Barat.” Ujar Risman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *